TA PERBANKAN SYARIAH
Aplikasi Mobile Banking Dalam Meningkatkan Jasa Dan Layanan Perbankan Di Bank Syariah Mandiri Pekalongan
Seiring dengan perkembangan teknologi, banyak hal yang harus dilakukan oleh Bank Syariah Mandiri Pekalongan untuk dapat membuat nasabah semakin tertarik dan nyaman dengan layanannya. Maka Bank Syariah Mandiri Pekalongan meluncurkan mobile banking sebagai layanan jasa bank, layanan ini diharapkan dapat membantu kebutuhan nasabah dalam mengakses jasa perbankan sesuai dengan ajaran Islam dalam Al-Qur’an dengan prinsip at-ta’awun yaitu saling membantu dalam kebaikan antar sesama dan tolong-menolong yang didasari prinsip saling menjamin serta kerjasama.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan lokasi di Bank Syariah Mandiri Pekalongan dan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data primer dilakukan dengan wawancara. Teknik pengumpulan data sekunder diperoleh dengan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif.
Hasil Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aplikasi mobile banking nasabah maupun calon nasabah Bank Syariah Mandiri cabang Pekalongan wajib melakukan registrasi atau pendaftaran melalui BSM mobile banking, dengan layanan informasi rekening, transfer antar rekening BSM maupun non BSM, pembelian, menu jadwal sholat, hikmah dan pembayaran zakat. Sistem kemanan aplikasi mobile banking yang diterapkan di BSM Pekalongan adalah menggunakan PIN (Personal Identification Number, nasabah diwajibkan untuk menjaga sistem keamanan pada smarthphone dan disarankan untuk memakai password dalam smarthphone nasabah BSM Mobile Banking. Strategi Bank Syariah Mandiri cabang Pekalongan dalam meningkatkan aplikasi mobile banking yaitu penawaran langsung ketika nasabah membuka rekening BSM serta pembukaan stand lewat pameran, brosur, media cetak, seminar, dan lain-lain
18TA1842036.00 | TA D-3PBS 18.036 RIZ a | My Library (lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain