TA PERBANKAN SYARIAH
Strategi KSPPS BMT Mitra Umat Pekalongan Dalam Menjaga Loyalitas Nasabah Pada Produk-Produk Penghimpunan Dana
Loyalitas nasabah adalah puncak pencapaian pelaku bisnis perbankan. Nasabah yang puas dan setia tidak akan ragu untuk menjadi penyebar kabar baik yang selalu menyebarkan kebaikan mengenai produk perbankan yang di konsumsinya. Mereka memiliki kredibilitas yang tinggi, karena tidak dibayar oleh pihak manapun untuk merekomendasikan produk atau merek perbankan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab bagaimana Strategi KSPPS BMT Mitra Umat Pekalongan Dalam Menjaga Loyalitas Nasabah Pada Produk-Produk Penghimpunan Dana, dan untuk menjawab landasan yang melandasi KSPPS BMT Mitra Umat Pekalongan dalam menempuh strategi tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan mengambil lokasi penelitian di KSPPS BMT Mitra Umat Pekalongan, dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini ialah KSPPS BMT Mitra Umat Pekalongan. Informan dalam penelitian berupa sekretaris dan pegawai tetap yang memiliki keterkaitan dengan penelitian, sedangkan objek dalam penelitian ialah strategi dalam menjaga loyalitas nasabah pada produk-produk penghimpunan dana. Data berupa data primer dan data sekunder, data primer diperoleh dari wawancara dan observasi, sedangkan data sekunder berupa dokumentasi. Teknis analisis menggunakan metode interaktif dari Miles dan Huberman. Penelitian ini menyimpulkan : bahwa Pertama, KSPPS BMT Mitra Umat Pekalongan menggunakan tiga strategi dalam menjaga loyalitas nasabah pada produk-produk penghimpunan dana, antara lain : Strategi yang berkaitan dengan sikap kinerja para marketer, strategi yang berkaitan dengan sikap kerja kasir (Frontliner), dan strategi berkaitan dengan kebijakan lain. Kedua, terdapat tiga landasan yang melandasi KSPPS BMT Mitra Umat Pekalongan dalam menempuh strategi tersebut, antara lain : hasil rapat anggota tahunan (RAT), dimana hasil RAT tersebut terdapat planing dan target sehingga KSPPS BMT Mitra Umat Pekalongan harus dapat memback up biaya-biaya yang harus dikeluarkan tiap tahunnya, dan terakhir ialah terbentuknya strategi tersebut supaya nasabah yang ada tidak menurun dan diharapkan tetap meningkat, baik secara kualitas dan kuantitass.
18TA1842034.00 | TA D-3PBS 18.034 HAS s | My Library (lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain