TA PERBANKAN SYARIAH
Strategi Promosi Produk Simpanan Tabungan Hari Raya (SITARA) Di KSPPS BMT Minna Lana Pekalongan
Strategi promosi merupakan suatu perencanaan yang disusun oleh perusahaan dengan menggerakkan sumber daya perusahaan, dengan tujuan agar produk yang dimiliki bisa laku di masyarakat dengan cara memberikan informasi tentang produk, manfaat, harga, di mana dapat diperoleh dan kelebihan dibanding dengan produk pesaing.
Penelitian ini dilakukan di KSPPS BMT Minna Lana Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi promosi KSPPS BMT Minna Lana Pekalongan dalam mempromosikan produk SITARA.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi lapangan (field research). Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan data sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu interview, observasi, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa strategi promosi yang dilakukan oleh KSPPS BMT Minna Lana Pekalongan menggunakan 4 sarana promosi yaitu periklanan, personal selling, publisitas, dan promosi penjualan. Promosi dengan periklanan melalui brosur dan spanduk. Personal selling dilakukan dengan informasi, penjelasan dan menggambarkan tentang produk serta pelayanan yang baik yang diberikan oleh perusahaan. Sementara untuk publisitas KSPPS BMT Minna Lana Pekalongan hanya mengikuti kegiatan produk koperasi yang di lakukan di Gor Jetayu. Dan untuk promosi penjualan dilakukan dengan cara pemberian bonus berupa gelas cantik dan kalender. Serta diadakan kontes undian di akhir pekan. Namun keempatnya merupakan kegiatan yang saling mendukung, di media iklan sebagai piranti dalam publisitas, promosi penjualan, dan personal selling..
Kata Kunci : Periklanan, personal selling, publisitas, promosi penjualan.
18TA1842028.00 | TA D-3PBS 18.028 NAD s | My Library (lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain