TA PERBANKAN SYARIAH
Strategi Promosi Simpanan Serba Guna (SIGUN) Dan Simpanan Hari Raya Idul Fitri (SIHARFI) Dalam Meningkatkan Minat Nasabah Di KSPPS SM NU Cabang Kradenan Pekalongan (Studi Perbandingan)
Strategi promosi suatu produk mempunyai pengaruh yang sangat besar untuk menarik minat masyarakat. Agar produk laku dijual kepada masyarakat atau nasabah, maka masyarakat harus tahu kehadiran produk serta kelebihan produk tersebut dibandingkan dengan produk pesaing. Cara untuk memberitahukan kepada masyarakat adalah melalui promosi. Promosi merupakan sarana yang paling ampuh untuk menarik dan mempertahankan nasabahnya. Sarana promosi yang dapat digunakan adalah advertising (periklanan), sales promotion (promosi penjualan), personal selling (penjualan pribadi), dan publicity (publisitas). Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Promosi KSPPS SM NU Cabang Kradenan Pekalongan terhadap Simpanan Serba Guna (SIGUN) dalam meningkatkan minat nasabah, untuk mengetahui Strategi Promosi KSPPS SM NU Cabang Kradenan Pekalongan terhadap Simpanan Hari Raya Idul Fitri (SIHARFI) Dalam Meningkatkan Minat Nasabah, dan untuk mengetahui perbedaan antara strategi promosi Simpanan Serba Guna (SIGUN) dan Simpanan Hari Raya Idul Fitri (SIHARFI) dalam meningkatkan minat nasabah di KSPPS SM NU Cabang Kradenan Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh melalui data primer, dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Sedangkan dalam metode analisis data menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi antara Simpanan Serba Guna (SIGUN) Dan Simpanan Hari Raya Idul Fitri (SIHARFI) yang dilakukan di KSPPS SM NU (Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Syirkah Muawanah Nahdlatul Ulama) Cabang Kradenan Pekalongan sudah baik, karena menggunakan alat/sarana promosi yang sama yaitu berupa advertising (periklanan), sales promotion (promosi penjualan), personal selling (penjualan pribadi), dan publicity (publisitas). Perbedaan antara strategi promosi Simpanan Serba Guna (SIGUN) Dan Simpanan Hari Raya Idul Fitri (SIHARFI) adalah waktu promosi yang dilakukan dan pemberian bonus/hadiah yang ada pada promosi penjualan (sales promotion). Waktu promosi SIGUN dilakukan setiap hari pada jam kerja KSPPS SM NU, sedangkan waktu promosi SIHARFI dilakukan selama satu bulan atau satu setengah bulan saat menjelang bulan puasa. Bonus pada SIGUN berupa uang tunai dan undian, sedangkan hadiah pada SIHARFI berupa sembako dan souvenir.
18TA1842019.00 | TA D-3PBS 18.019 KHA s | My Library (lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain