SKRIPSI EKOS
Perilaku Pemasaran Pedagang Pasar Tradisional Gorong dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus di Desa Juragan, Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang)
ABSTRAK
Huda, Teguh Sholikhul. 2018. Perilaku Pemasaran Pedagang Pasar Tradisional Gorong Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Skripsi Jurusan Ekonomi Syariah Program Studi Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Dosen Pembimbing : Siti Aminah Caniago, M.S.I.
Pasar tradisional Gorong terletak di Desa Juragan Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang karena penulis melihat adanya perilaku maupun aktifitas dari beberapa pedagang yang tidak sesuai dengan apa yang telah ditetapkan dalam aturan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku pemasaran yang dilakukan oleh pedagang dan tinjauan teori pemasaran syari’ah terhadap perilaku yang dilakukan pedagang pasar tradisional sesuai dengan etika bisnis Islam.
Adapun metode penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kualitatif dengan penelitian lapangan (field research). Dalam penelitian ini terdiri dari sumber data yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder, sedangkan untuk teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Langkah terakhir dalam metode penelitian adalah analisis data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku pemasaran yang dilakukan oleh para pedagang dalam menjual barang dagangannya mayoritas sudah sesuai dengan syari’ah Islam, meskipun para pedagang kurang paham tentang materi etika bisnis dalam Islam. Adapun perilaku pemasaran adalah etika bisnis islam dan elemen dalam pemasaran diantaranya: Dari segi produk, harga, promosi, tempat (distribusi). Namun Pasar tradisional mempunyai cakupan pedagang yang besar dan beragam sikap, jadi tetap saja masih dijumpai beberapa pedagang yang mempunyai sikap kurang sesuai dengan etika bisnis Islam.
Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Produk, Harga, Promosi, Tempat
18SK1841093.00 | SK EKOS 18.093 HUD p | My Library (Lantai 3 Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain