SKRIPSI EKOS
Analisis Pengaruh Marketing Mix terhadap Loyalitas Nasabah dengan Shariah Compliance sebagai Variabel Moderating pada KOSPIN Jasa Syariah Kedungwuni
ABSTRAK
Helmi Sakiroh. 2017. Analisis Pengaruh Marketing Mix Terhadap Loyalitas
Nasabah dengan Shariah Compliance Sebagai Variabel Moderating Pada Kospin
Jasa Syariah Kedungwuni. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan
Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan.
Pembimbing: Dr. AM. M. Hafidz MS., M.Ag.
Marketing mix merupakan seperangkat alat yang dapat digunakan pemasar
untuk membentuk karakteristik jasa yang ditawarkan kepada pelanggan.
Marketing mix dinilai mempunyai peranan yang sangat penting untuk
keberhasilan perusahaan umumnya dan bidang pemasaran khususnya. Penyusunan
strategi pemasaran yang komprehensif akan membuat upaya pemasaran yang
dilakukan bisa optimal dan hasilnya akan menciptakan loyalitas pelanggan
terhadap perusahaan tersebut. Disamping itu, penerapan prinsip-prinsip shariah
compliance juga perlu menjadi perhatian penting karena dengan prinsip-prinsip
syariah yang diterapkan oleh perusahaan atau lembaga keuangan syariah pada
system operasionalnya akan meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada
lembaga keuangan syariah tersebut dan memungkinkan juga terjadinya loyalitas
nasabah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel
marketing mix terhadap loyalitas nasabah pada Kospin JASA Syariah
Kedungwuni dan untuk mengetahui pengaruh variabel marketing mix terhadap
loyalitas nasabah dengan shariah compliance sebagai variabel moderating pada
Kospin JASA Syariah Kedungwuni.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kuantitatif, sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang sifatnya
studi. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik accidental
sampling dan jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 100 responden. Instrumen
penelitian berupa kuesioner yang digunakan untuk mendapatkan data penelitian.
Sedangkan analisis data dilakukan dengan uji asumsi klasik dan teknik pengujian
menggunakan analisis regresi linier sederhana dan selanjutnya menggunakan
aplikasi khusus regresi linier berganda (Moderated Regression Analysis) yang
digunakan untuk membuktikan hipotesis penelitian.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel marketing mix secara
parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai koefisien
regresi pada marketing mix bernilai positif, yakni sebesar 0.183, sedangkan t
hitung > t tabel dimana 10.620 > 1.9845 dan nilai signifikansi 0.000 < 0.05. Selain
itu, interaksi shariah compliance dengan marketing mix berpengaruh terhadap
loyalitas nasabah. Jadi dapat disimpulkan bahwa shariah compliance benar-benar
memoderasi hubungan antara marketing mix terhadap loyalitas nasabah.
Kata Kunci : Marketing Mix, Shariah Compliance, Loyalitas Nasabah
18SK1841090.00 | SK EKOS 18.090 SAK a | My Library (Lantai 3 Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain