SKRIPSI EKOS
Pengaruh Modal Kerja, Produk, dan Promosi terhadap Keberhasilan Usaha Wanita Muslimah (Studi Kasus pada UMKM Anggota KSP Usaha Wanita Kreatif Mandiri Kota Pekalongan)
ABSTRAK
Amalia, Infita. 2017. Pengaruh Modal Kerja, Produk dan Promosi Terhadap
Keberhasilan Usaha Wanita Muslimah” (Studi Kasus pada UMKM Anggota
KSP Usaha Wanita Kreatif Mandiri Kota Pekalongan). Skripsi Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Ekonomi Syariah Institut Agama
Islam Negeri (IAIN) Pekalongan.
Dosen Pembimbing: Abdul Hamid, M.A.
Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) merupakan salah satu sektor
yang memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian di Indonesia.Tumbuh
dan berkembangnya UMKM tidak terlepas dari peran para pelaku usaha baik itu
laki-laki maupun wanita. Dewasa ini, banyak kita jumpai wanita yang mempunyai
usaha dalam berbagai bidang baik itu ditingkat mikro, kecil, menengah ataupun
besar. Dalam menjalankan usahanya para pengusaha wanita harus mengetahui
faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi keberhasilan usahanya. Untuk itu
penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh
faktor-faktor seperti modal kerja, produk, dan promosi terhadap keberhasilan
usaha.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan dengan pendekatan
kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengusaha wanita
muslimah anggota KSP Usaha Wanita Kreatif Mandiri Kota Pekalongan. Teknik
pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan jumlah sampel 50
orang pengusaha. Teknik pengambilan data menggunakan angket kuesioner yang
dibagikan kepada seluruh responden, dan data dianalisis dengan menggunakan
regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) Modal kerja berpengaruh signifikan
terhadap keberhasilan usaha. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t yang
menunjukkan tingkat signifikansi sebesar 0,006 < 0,05 dan nilai t hitung 2,871 > t
tabel 2,0106. (2) Produk berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan usaha. Hal
ini dibuktikan dengan hasil uji t yang menunjukkan tingkat signifikansi sebesar
0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 3,967 > t tabel 2,0106. (3) Promosi berpengaruh
signifikan terhadap keberhasilan usaha. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t yang
menunjukkan tingkat signifikansi sebesar 0,021 < 0,05 dan nilai t hitung 2,384 > t
tabel 2,0106. (4) Berdasarkan hasil uji F diketahui bahwa variabel modal kerja,
produk, dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap
keberhasilan usaha. Hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung lebih besar dari F
tabel yaitu 24,462 > F tabel 2,81, dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (5) Hasil
pengujian koefisien determinasi diketahui nilai adjusted R square sebesar 0,590.
Nilai tersebut menunjukkan bahwa 59% keberhasilan usaha dapat dijelaskan oleh
modal kerja, produk, dan promosi sedangkan sisanya 41 % dijelaskan oleh
variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Modal Kerja, Produk, Promosi dan Keberhasilan Usaha
18SK1841083.00 | SK EKOS 18.083 AMA p | My Library (Lantai 3 Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain