SKRIPSI EKOS
Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah Penyimpan dengan Model Carter (Studi Kasus KSPPS BTM Pekalongan Cabang Wonopringgo Kabupaten Pekalongan)
ABSTRAK
Tiwi Yuliani, 2017, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Penyimpan dengan Model CARTER (Studi Kasus KSPPS BTM Pekalongan Cabang Wonopringgo Kabupaten Pekalongan) Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Muhammad Nasrullah, M.S.I.
Kualitas pelayanan telah menjadi satu faktor yang penting untuk kesuksesan sebuah bisnis. Hal tersebut menjadi alasan lembaga keuangan syariah untuk meningkatkan kualitas dalam melayani nasabahnya. Layanan yang diberikan kepada pelanggan akan memunculkan rasa puas atau tidaknya seorang. Penelitian ini untuk mengkaji pengaruh variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah penyimpan berdasarkan adaptasi model CARTER.
Penelitian ini dilakukan di KSPPS BTM Pekalongan Cabang Wonopringgo Kabupaten Pekalongan dengan menggunakan teknik pengambilan sampel non probability sampling dengan metode accidental sampling. Penelitian ini menggunakan 95 sampel. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yaitu data diperoleh dari buku dan hasil kuesioner. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda.
Berdasarkan uji t, diperoleh ttabel 1,987, adapun variabel yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah adalah assurance dengan thitung 2,074, empathy dengan thitung 2,182 dan reliability dengan thitung 2,711. Kemudian variabel yang tidak berpengaruh signifikan adalah compliance dengan thitung -0,083, responsiveness dengan thitung 0,756 dan tangible dengan thitung 0,287. Melalui uji f, menunjukkan secara simultan keenam variabel berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan Fhitung 7,927 > Ftabel 2,20. Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh Adjusted R Square sebesar 0,307 atau 30,7%.
Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah, dan CARTER
18SK1841078.00 | SK EKOS 18.078 YUL p | My Library (Lantai 3 Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain