SKRIPSI PAI
Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Mengikuti Program Kejar Paket B di PKBM Cahaya Ilmu Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan
Pendidikan merupakan kunci utama dalam mengangkat harkat dan martabat suatu bangsa. Dalam hal ini pemerintah mewajibkan atas masyarakat untuk belajar sembilan tahun disamping itu pemerintah juga menyediakan beasiswa untuk anak yang kurang mampu. Sehingga diharapkan semua masyarakat dapat melanjutkan belajarnya atau tidak putus sekolah. Namun dalam kenyataannya masih ada saja peserta didik yang mengambil kejar paket B sebagai alternatif untuk belajar. Banyak dari siswa kejar paket B yang lulus SD kemudian langsung bekerja. mereka mempunyai kendala masing-masing untuk melanjutkan ke sekolah formal (SMP/Mts). Dengan adanya kejar paket B menjadi sebuah jalan keluar bagi siswa yang ingin melanjutkan kembali kesekolah.
Permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana Bagaimana Motivasi belajar anak Putus sekolah dalam mengikuti Program kejar paket B di PKBM Cahaya Ilmu Buaran Kabupaten Pekalongan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik Deskriptif prosentase yaitu teknik analisa data dengan menentukan jumlah prosentasenya kemudian dianalisis secara deskriptif. Sedangkan untuk jenis penelitian penulis menggunakan penelitian lapangan (field research). Populasi penelitian ini adalah peserta didik kejar paket B PKBM Cahaya Ilmu Buaran yang berjumlah 18. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah dari populasi tersebut yaitu 18 anak. Sumber data adalah siswa dan tutor (guru) PKBM Cahaya Ilmu, buku-buku yang relevan dan hasil penelitian yang sudah ada. Metode pengumpulan data: angket, dokumentasi, Observasi dan wawancara.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat Motivasi Belajar bagi Peserta didik di PKBM Cahaya ilmu yang diantaranya agar seseorang benar-benar termotivasi dalam belajar maka harus mempunyai dorongan dari dalam diri dan dorongan dari luar. Penerapan motivasi belajar peserta didik dalam mengikuti program kejar paket B dapat dilihat pada indikator sebagai berikut diantaranya, peserta didik mempunyai hasrat dan keinginan untuk belajar, dorongan dan kebutuhan belajar, harapan dan cita cita bagi peserta didik, Penghargaan dalam belajar, Kegiatan yang menarik Dalam Mengikuti, lingkungan belajar yang kondusif, Usaha peserta didik, kegigihan peserta didik, prestasi peserta didik, Pemilihan Tugas peserta didik
17SK1721584.00 | SK PAI 17.584 MIF m | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain