SKRIPSI PAI
Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru PAI Terhadap Motivasi Belajar PAI Siswa di SMP Negeri 14 Pekalongan Tahun Ajaran 2014-2015
Kompetensi kepribadian merupakan suatu yang harus dimiliki oleh seorang guru, meliputi kemampuan kepribadian yang mantap, berakhlak mulia, arif, berwibawa serta menjadi teladan peserta didik. Guru memegang peranan utama dalam upaya membentuk kepribadian peserta didik dan nilai-nilai yang diinginkan. Nilai-nilai tersebut tampak melalui perilaku guru dalam kehidupan sehari-hari, karena guru sebagai teladan yang akan dicontoh oleh siswa. Sikap guru dapat memengaruhi motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Motivasi yang besar terhadap sesuatu pelajaran merupakan modal untuk mencapai keberhasilan dalam belajar. Siswa yang akan berhasil dalam belajar, jika pada dirinya ada motivasi untuk belajar, dan didukung oleh kompetensi kepribadian guru yang baik dalam mendidik, mengajar, dan membimbing.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana kompetensi kepribadian guru PAI di SMP Negeri 14 Pekalongan? Bagaimana motivasi belajar PAI siswa di SMP Negeri 14 Pekalongan? Bagaimana pengaruh kompetensi kepribadian guru PAI terhadap motivasi belajar PAI siswa di SMP Negeri 14 Pekalongan? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi kepribadian guru PAI di SMP Negeri 14 Pekalongan,untuk mengetahui motivasi belajar PAI siswa di SMP Negeri 14 Pekalongan, untuk mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian guru PAI terhadap motivasi belajar PAI siswa di SMP Negeri 14 Pekalongan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data mengunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier sederhana dengan program aplikasi SPSS 17.0.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi kepribadian guru PAI di SMP N 14 Pekalongan dalam kategori “Sangat Baik”. Ditunjukan dari jumlah skor sebesar 2997 terletak pada 2730 ≤ skor ≤3360 dan persentase sebesar 89,19% terletak pada 81,25% ≤ % ≤ 100%. Sedangkan motivasi belajar PAI siswa di SMP N 14 Pekalongan dalam kategori “Sangat Tinggi”. Ditunjukan dari jumlah skor sebesar 2813 terletak pada 2730≤ skor ≤ 3360 dan persentase sebesar 83,72% terletak pada 81,25%≤ % ≤100%. Adanya pengaruh yang signifikan antara kompetensi kepribadian guru PAI terhadap motivasi belajar siswa. Diperoleh nilai r square sebesar 0,276 yang menunjukkan bahwa 27,6% motivasi belajar PAI siswa dipengaruhi oleh kompetensi kepribadian guru PAI, sedangkan sisanya 72,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
17SK1721583.00 | SK PAI 17.583 RIB p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain