SKRIPSI PAI
Implementasi Kegiatan Kepramukaan dalam Menumbuhkan Kedisiplinan Siswa SMP Islam Walisongo Kedungwuni Pekalongan
Khoirul Umam, 2017. Implementasi Kegiatan Kepramukaan dalam Menumbuhkan Kedisiplinan Siswa SMP Islam Walisongo Kedungwuni Pekalongan. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing H. Ahmad Khobir M. Ag. Kata kunci kedisiplinan, ekstrakurikuler kepramukaan.
Kedisiplinan mensyaratkan adanya pengendalian terhadap tingkah laku dan penguasaan diri. Kedisiplinan sangat penting diterapkan sebagai persyaratan bagi pembentukan sikap dan prilaku. Dengan demikian, disiplin berarti melatih diri dan membentuk, meluruskan atau menyempurnakan sesuatu, sebagai sebagai mental atau karakter moral. Disiplin merupakan sesuatu yang berkenaan dengan pengendalian diri seseorang terhasap bentuk-bentuk aturan.Gerakan Pramuka adalah proses pendidikan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang sasaran akhirnya adalah pembentukan watak, akhlak dan budi pekerti. SMP Islam Walisongo Kedungwuni merupakan salah satu sekolah yang memiliki ekstrakurikuler kepramukaan yang menerapkan sistem among sebagai metode pembelajarannya dalam menumbuhkan kedisiplinan siswa. Ekstrakurikuler inilah yang dijadikan sebagai ekstrakurikuler yang dapat menumbuhkan kedisiplinan pada diri siswa.
Dari uraian tersebut di atas, maka dirumuskan permasalahan yaitu:”(1) Bagaimana kegiatan pendidikan kepramukaan di SMP Islam Walisongo Kedungwuni? (2) Bagaimana implementasi kegiatan kepramukaan dalam menumbuhkan kedisiplinan siswa SMP Islam Walisongo Kedungwuni? (3) Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat kegiatan kepramukaan dalam menumbuhkan kedisiplinan siswa SMP Islam Walisongo Kedungwuni? Tujuan yang akan dicapai dari penelitian ini sebagaimana berikut : (1) Untuk mendeskripsikan kegiatan kepramukaan dalam menumbuhkan kedisiplinan siswa SMP Islam Walisongo Kedungwuni. (2) Untuk mengetahui implementasi kegiatan kepramukaan dalam menumbuhkan kedisiplinan siswa SMP Islam Walisongo Kedungwuni. (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kegiatan kepramukaan dalam menumbuhkan kedisiplinan siswa SMP Islam Walisongo Kedungwuni.
Penelitian ini termasuk peneliti lapangan (field research) dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.
18SK1821172.00 | SK PAI 18.172 UMA i | My Library (Lantai 3, Literatur Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain