SKRIPSI PAI
Upaya Guru Fiqih dalam Mengembangkan materi Thaharah ?Menstruasi? Kelas VII Mts S Simbangkulon II Buaran Kabupaten Pekalongan
Zulfiana, Izza. 2017. Upaya Guru Fiqih dalam Mengembangkan materi Thaharah “Menstruasi” Kelas VII Mts S Simbangkulon II Buaran Kabupaten Pekalongan. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan/ Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. M. Yasin Abidin. M.Pd.
Kata Kunci: Upaya Pengembangan materi Thaharah Bagi Wanita
Latar belakang penelitian ini adalah bahwa dunia pendidikan sekarang ini dituntut harus menyajikan kurikulum yang makin beragam. Akibatnya mata pelajaran agama seperti fiqih mendapat porsi yang kian terbatas dengan bahasan yang cenderung global. Karena kurikulum hanya berisi tentang garis besar saja, Sehingga materi seperti menstruasi kurang tersamapaikan. Padahal materi ini sangat penting untuk peserta didik tingkat tsanawiayah termasuk peserta didik di MtsS Simbangkulon II yang semua peserta didiknya adalah perempuan. Menurut mereka materi mentruasi cukup sulit untuk dipahami apalagi mereka yang mengalami istikhadhah sehingga mereka membutuhkan pemahaman dari guru atau pendidik yang lebih memahami masalah kewanitaan. Dalam penyajian pengajaranfiqih masih banyak guru Fiqih yangbelum melakukan upaya pengembangan materi sesuai kebutuhan peserta didik, sekaligus untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran peserta didik, terhadap pentingnya memahami masalah thaharah, menstrusai dan kaitannya. Pada dasarnya kurikulum perlu dijabarkan lagi supaya materi yang didapat peserta didik menjadi lebih maksimal.
Permasalah yang akan dikaji dalam skripsi ini adalah Bagaimana Upaya Guru Fiqih dalam Mengembangkan Materi Thaharah “Menstruasi” Kelas VII MTs S Simbangkulon II Buaran Kabupaten Peklongan, dan apa saja faktor penghambat dan pendukung adanya Upaya Guru Fiqih dalam Mengembangkan Materi Thaharah “Menstruasi” Kelas VII MTs S Simbangkulon II Buaran Kabupaten Peklongan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Filed Research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif, mengambil tempat penelitian di MTs S Simbangkulon II Buaran Kabupaten Peklongan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif.
18SK1821171.00 | SK PAI 18.171 ZUL u | My Library (Lantai 3, Literatur Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain