SKRIPSI PAI
Penerapan Metode Drill dalam Pembelajaran Membaca dan Menulis Huruf Hijaiyah Bersambung di MIS Simbang Kulon II Pekalongan
Uswatun Hasanah, 2017.Penerapan Metode Drill dalam Pembelajaran Membaca dan Menulis Huruf Hijaiyah Bersambung di MIS Simbang Kulon II Pekalongan. Skripsi Jurusan/ prodi: Tarbiyah/ S1 PBA Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing: Dr. M. Sugeng Solehuddin, M.Ag dan Hj. Nur Khasanah, M.Ag
Kata Kunci : Metode Drill, Pembelajaran Membaca dan Menulis
Al-qur’an menggunakan bahasa Arab dan huruf hijaiyah. Bagi orang Indonesia, huruf hijaiyah bukan huruf yang utama digunakan sehari-hari. Untuk membaca huruf Arab kini sudah banyak sekolah, madrasah atau guru ngaji yang mengajarkannya. Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Simbang Kulon II menerapkan metode drill dalam pembelajaran membaca dan menulis huruf hijaiyah bersambung pada mata pelajaran Baca Tulis Al-qur’an (BTA). Khususnya untuk kelas I. Karena peserta didik ikut berperan aktif dalam pembelajaran seingga metode ini sanagt cocok untuk diterapkan.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut: (1) Bagaimana penerapan metode drill dalam pembelajaran membaca dan menulis huruf hijaiyah bersambung di MIS Simbang Kulon II Pekalongan? (2) Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat penerapan metode drill dalam pembelajaran membaca dan menulis huruf hijaiyah bersambung di MIS Simbang Kulon II Pekalongan?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan metode drill dalam pembelajaran membaca dan menulis huruf hijaiyah bersambung di MIS Simbang Kulon II Pekalongan. (2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penerapan metode drill dalam pembelajaran membaca dan menulis huruf hijaiyah bersambung di MIS Simbang Kulon II Pekalongan. Sedangkan kegunaan dari penelitian ini adalah sebagai usaha peningkatan mutu pembelajaran membaca dan menulis huruf hijaiyah bersambung dan sebagai bahan evaluasi bagi MIS Simbang Kulon II agar lebih mengembangkan pembelajaran membaca (qiroah) dan menulis (kitabah).
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research). Sedangkan pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif.
18SK1821169.00 | SK PAI 18.169 HAS p | My Library (Lantai 3, Literatur Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain