SKRIPSI PAI
Pendidikan Islam Perspektif Filsafat Perenial (Analisis Konsep Sakralitas Ilmu Pengetahuan Seyyed hossein Nasr)
Mauz Zam-zam, Muhammad.2017.Pendidikan Islam Perspektif Filsafat Perenial (Analisis Konsep Sakralitas Ilmu Pengetahuan Seyyed hossein Nasr). SkripsiFakultasKeguruandanIlmuPendidikan, JurusanPendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. PembimbingH. Miftahul Huda, M.Ag.
Kata kunci : Pendidikan Islam dan Filsafat Perennial.
Pedagogik, sebagai ilmu pokok dalam lapangan pendidikan sesuai dengan jiwa dan isinya; agar dapat memenuhi landasan konsep dan fungsinya, sudah seharusnya memerlukan landasan-landasan yang berasal dari filsafat. Dikatakan landasan, jika filsafat melahirkan pemikiran-pemikiran teoretis mengenai pendidikan. Dikatakan hubungan bila berbagai pemikiran mengenai pendidikan memerlukan iluminasi dan bantuan penyelesaiannya dari filsafat.Sedangkan filsafat pendidikan dapat terbentuk berdasarkan pendidikan; artinya, pendidikan dengan permasalahan-permasalahannya yang bersifat filosofis dipilih yang memerlukan jawaban secara filosofis pula. Sistem yang diuraikan adalah konsep yang timbul atas jawaban pemecahan dan penyelesaian pertanyaan: filsafat pendidikan yang manakah yang sesuai dengan tuntutan kebudayaan dan masyarakat modern yang serba berubah dan berkembang ini? Kebudayaan dan masyarakat semacam ini membawakan isu-isu pendidikan, karena itu ada yang bersifat filosofis, maka diperlukan jawaban yang filosofis pulaPedagogik, sebagai ilmu pokok dalam lapangan pendidikan sesuai dengan jiwa dan isinya; agar dapat memenuhi landasan konsep dan fungsinya, sudah seharusnya memerlukan landasan-landasan yang berasal dari filsafat. Dikatakan landasan, jika filsafat melahirkan pemikiran-pemikiran teoretis mengenai pendidikan. Dan dikatakan hubungan bila berbagai pemikiran mengenai pendidikan memerlukan iluminasi dan bantuan penyelesaiannya dari filsafat.
Rumusanmasalahdalampenelitianiniyaitu: 1.Bagaimanapendidikan Islam perspektiffilsafatperenial? 2. BagaimanaanalisiskonsepsakralitasilmupengetahuanSeyyedHosseinNasr ? 3. BagaimanaaktualisasikonsepsakralitasilmupengetahuanSeyyedHossein Nasr dalampendidikan Islam masakini di Indonesia ?Adapuntujuandaripenelitianiniyaitu: 1. Untuk mendeskripsikan pendidikan Islam perspektif filsafat perenial secara objektif ilmiah dan holistik. 2.Untuk menganalisis konsep sakralitas ilmu pengetahuan Hossein Nasr dalam menampilkan pendidikan Islam berparadigma transendental, integral, humanis dan holistik. 3.Untuk mengaktualisasikan konsep sakralitas ilmu pengetahuan Seyyed Hossein Nasr dalam pendidikan Islam di Indonesia dewasa ini.
Pendekatan yang digunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakanlibrary research. Sumber data yang digunakanberupasumber data primer dan sekunder, sumber data primer buku Seyyed Hossein Nasr berjudul Knowledge and The Sacred, sumber data sekunder buku sebagai referensi, majalah, internet, dan artikel yang terkait dengan penelitian ini. Teknik analisis data menggunakan metode content analysis, yaitu dimaksudkan untuk memecahkan masalah yang aktual pada masa sekarang, dengan memusatkan pada karya tulis di bidang tertentu.
18SK1821168.00 | SK PAI 18.168 ZAM p | My Library (Lantai 3, Literatur Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain