SKRIPSI PAI
Implementasi Pendidikan Life Skill di Pondok Pesantren Al-Mubarok Medono Kota Pekalongan
Burhanudin Andri. 2016. Implementasi manajemen pendidikan life skill di Pondok Pesantren Al-Mubarok Medono Kota Pekalongan. SkripsiJurusan/ Program Studi : Tarbiyah/ PAI Institut Agama Islam Negeri (IAIN). Dra. Hj Musfirotun Yusuf, M. M
Kata Kunci: Fungsi manajemen, Life Skill, Pondok Pesantren.
Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam harus mampu memberikan bekal kepada para santrinya agar mampu menyesuaikan dan mengembangkan segala hal yang diterima melalui arus informasi, diantaranya dengan pendidikan life skill. Namun agar pendidikan life skill di pondok pesantren dapat berjalan dengan baik, maka pondok pesantren perlu mengimplementasikan fungsi pokok manajemen, baik itu dari segi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasannya.
Rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi pendidilan life skilldi pondok pesantren Al-Mubarok? Serta Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi manajemen pendidikan life skill di pondok pesantren Al-Mubarok Medono Kota Pekalongan?. Adapaun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi manajemen pendidikan life skill dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi manajemen pendidikan life skill di pondok pesantren Al-MubarokMedono Kota Pekalongan. Kegunaan secara teoritis, hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi semua pihak, khususnya pihak-pihak yang berkompeten dengan permasalahan yang diangkat. Kegunaan secara praktis adalah untuk meningkatkan kualitas dalam implementasi pendidikan life skilldi pondok pesantren, khususnya dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Untuk teknik pengumpulan data, penulis menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan pada analisis data, penulis menggunakan analisis data teori Miles and Huberman, yang meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
18SK1821166.00 | SK PAI 18.166 BUR i | My Library (Lantai 3, Literatur Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain