SKRIPSI PAI
Implementasi Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII di MTs Asy Syafi?iyah Pecangakan Kec. Comal Kab. Pemalang
Muafifah, Rifi 2017. Implementasi Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII di MTs Asy Syafi’iyah Pecangakan Kec. Comal Kab. Pemalang. Skripsi Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan.
Pembimbing: Drs. H, Akhmad Zaeni, M.S.I
Kata Kunci : Metode Bernyanyi dan Sejarah Kebudayaan Islam
Madrasah Tsanawiyah Asy Syafi’iyah Pecangakan Comal merupakan salah satu lembaga pendidikan di comal. Sejarah Kebudayaan Islam adalah salah satu materi yang di ajarkan disini. Dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII menggunakan variasi dengan metode bernyanyi karena dengan bernyanyi siswa lebih merasakan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, enjoy dan tidak membosankan.
Permasalahan yang diteliti adalah bagaimana implementasi metode bernyanyi dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII, Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat implementasi metode bernyanyi dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII MTs Asy Syafi’iyah Pecangakan Comal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui impelementasi metode bernyanyi dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII, untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat implementasi metode bernyanyi dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII MTs Pecangakan Comal.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan). Metode pengumpulan data penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yang menggunakan metode induktif, yaitu cara peneliti berusaha mengumpulkan fakta dari fenomena atau peristiwa yang bersifat khusus tadi, diambil kesimpulan yang bersifat umum.
18SK1821164.00 | SK PAI 18.164 MUA i | My Library (Lantai 3, Literatur Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain