SKRIPSI EKOS
Pengaruh Religiusitas, Gaya Hidup dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Berlabel Halal pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Angkatan 2013 IAIN Pekalongan
ABSTRAK
Mufitasari. 2017. Pengaruh Religiusitas, Gaya Hidup dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Berlabel Halal pada Mahasiswi Jurusan Ekonomi Syariah Angkatan 2013 IAIN Pekalongan. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Pekalongan. Dosen Pembimbing: Dra. Hj. Rita Rahmawati, M.pd
Persaingan antar pasar industri perawatan pribadi dan kosmetik semakin kompetitif. Membanjirnya produk kosmetik di pasaran mempengaruhi minat seseorang terhadap pembelian dan berdampak kepada proses keputusan pembelian. Oleh karena itu, perusahaan perlu mencermati perilaku konsumen dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan pemebelian. Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada atau tidaknya pengaruh religiusitas, gaya hidup dan citra merek terhadap keputusan pembelian kosmetik berlabel halal pada mahasisiwi Jurusan Ekonomi Syariah angkatan 2013 IAIN Pekalongan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswi aktif Jurusan Ekonomi Syariah angkatan 2013 IAIN Pekalongan yang pernah membeli dan menggunakan kosmetik berlabel halal dalam satu tahun terakhir. Sampling yang digunakan adalah Probability sampling, dengan teknik Random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 65 responden dari 167. Sumber datanya berupa data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dinilai dengan skala likert 1-5. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukan: (1) religiusitas berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi sebesar 0,028 < 0,05 (2) gaya hidup berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi sebesar 0,029 < 0,05 dan (3) citra merek berpengaruh terhadap keptusan pembelian dengan nilai signifikansi sebesar 0,016 < 0,05 (4) Hasil uji F variabel religiusitas, gaya hidup dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dengan nilai F hitung 16,085 > F tabel 2,76. (5) nilai adjusted R2 sebesar 41,4%, yang berarti keputusan pembelian kosmetik berlabel halal pada mahasiswi Jurusan Ekonomi Syariah angkatan 2013 IAIN Pekalongan dapat dijelaskan oleh variabel religiusitas, gaya hidup dan citra merek. Sedangkan sisanya 58,6% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Religiusitas, Gaya Hidup, Citra Merek, Keputusan Pembelian.
18SK1841064.00 | SK EKOS 18.064 MUF p | My Library (Lantai 3 Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain