SKRIPSI PAI
Pengaruh Keaktifan Dalam Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Batang tahun 2015/2016
Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Batang, ekstrakurikuler pramuka menjadi salah satu ekstrakurikuler yang aktif, dilihat dari para anggotanya sampai kegiatannya paling dominan, dan pihak sekolah sangat mendukung kegiatan pramuka, hal ini di buktikan setiap kali anggota meminta dana untuk kegiatan selalu diberikan dalam tempo waktu yang tidak lama. Sehingga menimbulkan rasa penasaran peneliti untuk meneliti apakah di dalam aktif ekstrakurikuler pramuka dapat menumbuhkan minat anak didik untuk belajar, dikarena mendapat suasana baru penghilang kebosanan, menurut Dale Carnegie, otak adalah organ tubuh yang tidak akan mengalami lelah dan situasi anak didik yang mengantuk, menguap, dan tidur di kelas dipengaruhi oleh faktor kejiwaan. Meskipun sebenarnya masih banyak ekstrakurikuler intra sekolah lain yang lebih sesuai dalam mewadahi minat dan bakat mereka. Hal ini bisa dibuktikan dari jumlah anggota yang aktif maupun dalam setiap pendaftaran anggota baru. Melihat dari anak didik yang aktif dalam ekstrakurikuler pramuka ini, terkadang sering berbenturan waktu, baik antara aktif di ekstrakurikuler dengan pelajaran, artinya anak didik yang aktif di dalam suatu ekstrakurikuler terkadang jarang sekali bisa hadir di bangku pelajaran karena lebih mengutamakan tugas ekstrakurikulernya atau dia lebih memilih salah satunya. Meskipun keaktifan anak didik pada ekstrakurikuler pramuka sebenarnya bukan prioritas utama dalam pendidikan, namun itu menjadi suatu tantangan tersendiri bagi anak didik yang aktif diantara keduanya dengan prinsip “pelajaran cepat ekstrakurikuler mantap”. Karena memang bentuk kegiatan dan pengalaman serta ilmu yang di dapat di ekstrakurikuler pramuka ini tidak bertentangan dengan pendidikan itu sendiri.
Permasalahan yang diungkap adalah 1. Bagaimana keaktifan anak didik kelas XI dalam mengikuti ekstrakurikuler gerakan pramuka di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Batang tahun 2015/2016 2. Bagaimana prestasi akademik yang dicapai oleh anak didik kelas XI yang mengikuti ekstrakurikuler pramuka di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Batang tahun 2015/2016 3.Bagaimana pengaruh keaktifan mengikuti ekstrakurikuler gerakan pramuka terhadap prestasi akademik anak didik kelas XI dalam mengikuti ekstrakurikuler gerakan pramuka di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Batang tahun 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui keaktifan Kelas XI dalam mengikuti ekstrakurikuler gerakan pramuka di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Batang Tahun 2015/2016, 2. Untuk mengetahui prestasi akademik yang dicapai oleh Kelas XI yang mengikuti ekstrakurikuler gerakan pramuka di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Batang Tahun 2015/2016, 3. Untuk mengetahui tingkat pengaruh keaktifan Kelas
viii
XI dalam mengikuti ekstrakurikuler gerakan pramuka terhadap prestasi akademik di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Batang Tahun 2015/2016.. Adapun kegunaan penelitian ini adalah diharapkan dapat memberikan sumbangsih dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dangan menggunakan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan datanya yaitu menggunakn angket, wawancara,observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan rumus regresi linier sederhana.
Hasil penelitian ini adalah hasil perhitungan telah didapat ttest = 3.100. Pada tingkat signifikansi 5%, Maka = 3.100 ≥ = 2.041, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara keaktifan dalam ekstrakulikuler pramuka terhadap prestasi belajar anak didik kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Batang tahun 2015/2016. Pada tabel Coefficients juga nampak nilai signifikasi 0,004. Karena nilai signifikansi lebih kecil dari 5%, itu menunjukkan bahwa variabel X mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel Y. Dengan demikian Ha diterima, yang berarti ada pengaruh antara keaktifan dalam ekstrakulikuler pramuka terhadap prestasi belajar anak didik kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Batang tahun 2015/2016. Dengan demikian hipotesis yang di ajukan diterima
17SK1721603.00 | SK PAI 17.603 PUR p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain