SKRIPSI PAI
Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kedisiplinan Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa MTS Negeri Model Brebes
Kedisiplinan seorang pendidik mempunyai peranan yang sangat penting
dalam mencapai tujuan pendidikan. Berhasil atau tidaknya suatu pendidikan
mencapai tujuannya itu dalandasi oleh seberapa besar kualitas belajar siswa,
sedangkan kualitas belajar siswa sangat dipengaruhi oleh faktor yang paling
pokok yaitu kedisiplinan yang dicontohkan oleh pendidik.
Berdasarkan pendapat diatas, maka dirumuskan permasalahan yaitu:
Bagaimana persepsi siswa tentang kedisiplinan guru MTs Negeri Model Brebes?
Bagaimana motivasi belajar siswa MTs Negeri Model Brebes? Seberapa besar
pengaruh persepsi siswa tentang kedisiplinan guru tehadap motivasi belajar siswa
MTs Negeri Model Brebes?”Tujuan penelitian adalah Untuk mendeskripsikan
persepsi siswa MTs Negeri Model Brebes tentang kedisiplinan guru.Untuk
menelaah lebih jauh tingkat motivasi belajar siswa MTs Negeri Model
Brebes.Untuk mengetahui besarnya pengaruh yang ditimbulkan dari persepsi
siswa MTs Model Brebes tentang kedisiplinan guru terhadap motivasi belajar
siswa. Sedangkan kegunaan penelitian ini Secara teoritis, penelitian ini dapat
digunakan sebagai tambahan wacana keilmuan tentang pengaruh persepsi siswa
tentang kedisiplinan guru terhadap motivasi belajar siswa. Secara praktis
penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan informasi para guru bahwa dengan
memberikan contoh yang baik kepada peserta didik akan menimbulkan semangat
untuk belajar. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) dan
pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan
datanya adalah angket, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang
digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana satu
prediktor.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Persepsi siswa tentang
kedisiplinan guru mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar
siswa MTs Negeri Model Brebes, Hal itu terbukti dengan hasil perhitungan
analisis regresi satu prediktor diperoleh nilai sebesar 8,0168. Pada tingkat
kesalahan 5% sebesar 2,015 berarti │ │> , maka ditolak,
diterima. Sedangkan pada tingkat kesalahan 1% sebesar 2,692 maka
│ │> , maka ditolak, diterima. Kemudian pada perhitungan
koefisien determinasi R2 diperoleh hasil 0,771. Jadi dapat disimpulkan bahwa baik
perhitungan pada tingkat kesalahan 5% dan 1% memiliki interprestasi sama, ini
menunjukkan bahwa variabel independen berpengaruh secara signifikan terhadap
variabel dependen. Dan pada hasil perhitungan koefisien determinasi R2 persepsi
siswa tentang kedisiplinan guru mempunyai pengaruh terhadap motivasi belajar
siswa kelas VIII sebesar 59,5 %. Sedangkan sisanya, sebesar 40,5 % dipengaruhi
oleh faktor-faktor lain.
17SK1721587.00 | SK PAI 17.587 GHO p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain