SKRIPSI EKOS
Implementasi Bauran Pemasaran pada Rumah Makan Selaras Pekalongan (Tinjauan Etika Bisnis Islam)
ABSTRAK
Maghfiroh, Fina. 2017. Implementasi Bauran Pemasaran Pada Rumah Makan Selaras Pekalongan. Skripsi Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Dosen Pembimbing Maghfur, M. Ag.
Mengingat persaingan bisnis kuliner di Pekalongan sangat ketat, maka bauran pemasaran 4P (Product, Price, Place, Promotion) harus benar-benar dipertahankan untuk menghadapi persaingan tersebut. Seorang pengusaha dalam pandangan etika Islam bukan sekedar mencari keuntungan, melainkan juga keberkahan yaitu kemantapan dari usaha itu dengan memperoleh keuntungan yang wajar dan diridhoi oleh Allah SWT. Rumah Makan Selaras merupakan salah satu bisnis kuliner di kota Pekalongan sejak tahun 2011. Walaupun banyak Rumah Makan bermunculan, namun Rumah Makan Selaras tidak sepi pengunjung. Rata-rata pengunjung setiap harinya sebanyak 600 orang. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang bauran pemasaran pada Rumah Makan Selaras. Kajian mengenai bauran pemasaran diperlukan untuk mengetahuai bagaimana bauran pemasaran yang diterapkan di Rumah Makan Selaras terhadap tinjauan etika bisnis Islam.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan analisis kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini yaitu bahwa aspek pemasaran (produk, harga, distribusi dan promosi) pada Rumah Makan Selaras Pekalongan sudah sesuai dengan etika bisnis Islam. Dimana produk yang dihasilkan Rumah Makan Selaras Pekalongan tidak menggunakan pengawet atau pun bahan yang berbahaya lainnya. Harga yang ditawarkan tidak menjatuhkan harga pesaing dan metapkan harga dengan transparan. Promosi yang dilakukan yaitu dengan jujur, tidak menjelekkan-jelekkan usaha pesaing serta tidak memasang pamflet di pinggir jalan maupun di sembarang tempat.
Kata kunci: Aspek pemasaran, Etika Bisnis Islam, Syariah Marker, Etika Pemasaran Prespektif Islam.
18SK1841057.00 | SK EKOS 18.057 MAG i | My Library (Lantai 3 Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain