SKRIPSI PAI
Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Alquran Hadis Siswa Kelas IV MI Miftakhul Ulum Longkeyang Bodeh Pemalang Tahun Pelajaran 2015/2016
Khasanah Siti, Uswatun. 2017; Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Alquran Hadis Siswa Kelas IV MI Miftakhul Ulum Longkeyang Bodeh Pemalang Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Pekalongan. Pembimbing: Umum Budi Karyanto. M. Hum.
Kata kunci : Peran Guru dan Kesulitan Belajar
Guru mempunyai tanggung jawab dan tugas untuk menyampaikan ilmu pengetahuan dan membantu perkembangan anak didik. Hal ini menunjukan betapa eksisnya peran guru dalam pendidikan. Masalah kesulitan yang sering dialami oleh peserta didik disekolah merupakan masalah penting yang perlu mendapat perhatian yang serius dikalangan para guru. Dikatakan demikian karena kesulitan belajar yang dialami peserta didik di sekolah akan membawa dampak negatif, baik terhadap diri siswa itu sendiri, maupun terhadap lingkungan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar mata pelajaran Alquran Hadis siswa kelas IV MI Miftakhul Ulum Longkeyang Bodeh Pemalang Tahun Pelajaran 2015/2016, 2. Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar mata pelajaran Alquran Hadis siswa kelas IV MI Miftakhul Ulum Longkeyang Bodeh Pemalang tahun pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar mata pelajaran Alquran Hadis siswa kelas IV MI Miftakhul Ulum Longkeyang Bodeh Pemalang tahun pelajaran 2015/2016. 2. Untuk mengetahui Faktor yang mendukung dan menghambat peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar mata pelajaran Alquran Hadis siswa kelas IV MI Miftakhul Ulum Longkeyang Bodeh Pemalang tahun pelajaran 2015/2016. Kegunaan yang dapat diambil dari ini antara lain: 1. Kegunaan secara teoritis yaitu: sebagai wacana dalam segi keilmuan khususnya dibidang psikologi pendidikan dan ilmu pendidikan yaitu guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran Alquran Hadis, 2. Kegunaan secara praktis yaitu: sebagai bahan pengetahuan bagi guru dalam membantu mengatasi kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran Alquran Hadis, menambah khasanah pengetahuan tentang bagaimana peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran Alquran Hadis, sebagai pemahaman guru tentang arti pentingnya peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran Alquran Hadis.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (Field Research) dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data penulis menggunakan analisis deskriptif.
18SK1821156.00 | SK PAI 18.156 KHA p | (Lantai 3, Literatur Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain