SKRIPSI PAI
Upaya Guru dalam Meningkatkan Konsep Diri Positif siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Pekalongan
Amalia, Aina. 2017. Upaya Guru dalam Meningkatkan Konsep Diri Positif siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Pekalongan. Skripsi Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pekalongan (IAIN Pekalongan)
Pembimbing : DR. Slamet Untung M.Ag.
Kata Kunci : Upaya guru, Meningkatkan Konsep Diri Positif.
Dalam dunia pendidikan Konsep Diri merupakan salah satu aspek perkembangan psikososial peserta didik yang penting dipahami oleh seorang guru. Hal ini karena Konsep Diri merupakan salah satu variabel yang menentukan dalam proses pendidikan. Konsep Diri bukanlah sesuatu yang dibawa sejak lahir. Kita tidak dilahirkan dengan konsep diri tertentu. Bahkan ketika kita lahir, kita tidak memiliki Konsep Diri, kita tidak memiliki pengetahuan tentang diri, dan tidak memiliki pengharapan bagi diri kita sendiri, serta tidak memiliki penilaian apapun terhadap diri kita. Konsep Diri merupakan proses yang berkelanjutan sepanjang hidup manusia. Konsep Diri masih dapat diubah asalkan ada keinginan dari orang yang bersangkutan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini: Bagaimana Konsep diri siswa kelas VIII di SMP Negeri 10 Pekalongan, Upaya apa saja yang dilakukan oleh Guru untuk meningkatkan Konsep Diri Positif siswa kelas VIII di SMP Negeri 10 Pekalongan ? tujuan penelitian Untuk mendeskripsikan konsep diri yang dimiliki siswa kelas VIII di SMP Negeri 10 Pekalongan. Untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan Guru dalam meningkatkan konsep diri positif siswa kelas VIII didik di SMP Negeri 10 Pekalongan.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), pendekatan penelitian yakni pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data dari hasil penelitian ini, dilakukan berdasarkan analisis deskriptif. Analisis tersebut terdiri dari tida alur analisis berinteraksi yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
18SK1821153.00 | SK PAI 18.153 AMA u | (Lantai 3, Literatur Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain