SKRIPSI PAI
Korelasi Kecerdasan Interpersonal Siswa dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran PAI di SMK Taman Karya Subah Tahun Pelajaran 2016/2017
Aisyah, Dewi. 2017. Korelasi Kecerdasan Interpersonal Siswa dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran PAI di SMK Taman Karya Subah Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pekalongan. Pembimbing Dr. H. Salafudin, M.Si.
Kata Kunci: kecerdasan interpersonal, siswa, prestasi belajar.
Sekolah dengan lingkungan yang tidak terlalu luas dan dengan jumlah murid yang belum begitu banyak, seharusnya membuat intesitas interaksi dan komunikasi antar warga sekolah terjalin dengan baik. Dengan demikian, maka hal ini bisa dijadikan sarana untuk mengasah dan mengembangkan kecerdasan interpersonal siswa di SMK Taman Karya Subah. SMK ini adalah salah satu sekolah menengah atas yang tidak hanya fokus pada segi kognitif siswanya saja, hal ini diperkuat dengan tidak adanya syarat nilai minimal bagi calon peserta didik baru di SMK Taman Karya Subah.
Pada realitanya yang terjadi di sekolah dan di lingkungan sekitar sekolah, terkadang ada beberapa siswa yang memang kurang bisa mengekspresikan interpersonal mereka, baik dengan sesama warga sekolah, ataupun masyarakat sekitar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui ada tidaknya korelasi antara kecerdasan interpersonal siswa dengan prestasi belajar mata pelajaran PAI di SMK Taman Karya Subah. Adapun kegunaan penelitian ini adalah sebagai berikut: A. secara Teoritis, dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan tambahan ilmu pengetahuan tentang hubungan kecerdasan interpersonal siswa dengan prestasi belajar mata pelajaran PAI di SMK Taman Karya Subah. Penelitian ini diharapkan juga dapat dijadikan rujukan guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan memahami dan mengembangkan kecerdasan interpersonal siswa. B. Secara Praktis, (1) Bagi Kepala Sekolah: Sebagai bahan rujukan dalam menentukan kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan peningkatan prestasi siswa, dapat menambah pengetahuan tentang perbedaan kecerdasan siswa dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik dan kepala di lembaga yang dipimpin.(2) Bagi guru: dapat menambah pengetahuan tentang hubungan kecerdasan interpersonal siswa dengn prestasi belajar siswa, dapat meningkatkan semangat dan kreativitas guru dalam mengajar dan bisa menjangkau kecerdasan siswa yang beragam, agar tujuan pembelajaran bisa tercapai untuk semua siswa. (3) Bagi Siswa; Dapat memahami dan mengembangkan kecerdasan interpersonal, dapat meningkatkan prestasi belajar, dapat menambah semangat belajar untuk mencapai cita-citanya.
Metode penelitian ini, menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan. Pengumpulan data penelitian ini, untuk variabel X (kecerdasan interpersonal) menggunakan angket yang berisi pernyataan sejumlah 16 item soal, dan wawancara sebagai pelengkap. Sedangkan untuk variabel Y (prestasi belajar mata pelajaran PAI) diambil dengan dokumentasi guru PAI tentang nilai UTS Genap kelas X, XI dan XII tahun pelajaran 2016/2017. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi product momment.
18SK1821146.00 | SK PAI 18.146 AIS k | (Lantai 3, Literatur Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain