SKRIPSI PAI
Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Tunarungu Kelas VI (B) Di SDLB PRI Pekalongan
Ismah, Dzati. 2017: PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA TUNARUNGU KELAS VI (B) DI SDLB PRI PEKALONGAN. Skripsi program StudiPendidikan Agama Islam institute Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing : Dr. M. SugengSholehuddin, M.ag
Kata Kunci :PelaksanaanPendidikan Agama Islam dananakTunarungu
Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu bidang studi yang ada di setiap satuan pendidikan dengan tujuan membantu manusia memahami, menghayati, meyakini, dan mengamalkan ajaran Islam sehingga menjadi manusia muslim yang beriman, bertakwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia. Pendidikan Agama Islam bagi siswa Tunarungu sangatlah penting. SDLB PRI Pekalongan salah satu sekolahan milik yayasan yang menampung anak ABK salah satunya di dalamnya ada anak Tunarungu. Anak Tunarungu dalam pembelajarannya sangat membutuhkan banyak metode, oleh karena itu guru yang mengajar di SDLB harus mempunyai banyak metode, karena kalau metodenya sedikit maka nantinya guru akan kesulitan untuk mengetahui anak yang sudah paham dengan yang belum. Dengan banyak metode maka guru akan lebih mudah mengetahui siswa yang sudah paham dan yang belum. Dengan adanya pelaksanaan Pendidikan agama islam bagi siswa tunarungu di SDLB bertujuan untuk mencerdaskan anak didik khususnya bagi siswa yang tunarungu.
Berdasarkan latar belakang masalah diatas maka rumusan masalah yang ada adalah sebagai berikut: bagaimana Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam bagi siwa Tunarungu kelas VI (B) di SDLB PRI Pekalongan. Dengan tujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam bagi siswa Tunarungu di SDLB PRI Pekalongan. Dan kegunaan penelitian ini adalah sebagai sarana untuk mengembangkan pengetahuan di bidang pendidikan khususnya yang berhubungan dengan Pendidikan Agama Islam bagi siswa Tunarungu yang ada di SDLB PRI Pekalongan
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitianya itu penelitian lapangan (field research), dengan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati yaitu berupa data primer dan data sekunder.
18SK1821141.00 | SK PAI 18.141 ISM p | (Lantai 3, Literatur Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain