SKRIPSI PAI
Pelaksanaan Pendidikan Di Pondok Pesantren Rifa?iyah Faidhul Qodir Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongandalam Perspektif Humanisme Religius
Maulana, Moehammad Risqi. 2017.Pelaksanaan Pendidikan di Pondok Pesantren Rifa’iyah Faidhul Qodir kecamatan Wonokerto kabupaten Pekalongan Dalam Perspektif Humanisme Religius. Skripsi. Jurusan Tarbiyah. Prodi S1 PAI. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. H. Mutammam, M. Ed.
Kata Kunci: Perspektif Humanisme Religius.
Pesantren sebagai salah satu pendidikan Islam telah membuktikan keberadaan dan keberhasilannya dalam peningkatan sumber daya manusia (human resources development). Pesantren juga memiliki keunikan tersendiri dalam hal pelaksanaan pendidikannya. Pesantren berpotensi untuk mengembangkan pendidikan yang berbasis humanisme religius karena salah satu nilai humanisme religius yang berupa kemandirian santri dapat terlihat di antaranya dari metode sorogan yang sudah lazim digunakan dalam pesantren.
Berkaitan dengan hal di atas, dalam skripsi ini penulis mengajukan rumusan masalah yaitu: Bagaimana pelaksanaan pendidikan di PP Rifa’iyah Faidhul Qodir kecamatan Wonokerto kabupaten Pekalongan dalam perspektif humanisme religius?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan di PP Rifa’iyah Faidhul Qodir kecamatan Wonokerto kabupaten Pekalongan dalam perspektif humanisme religius. Pendeskripsian pelaksanaan pendidikan tersebut dalam lima aspek, yaitu: aspek guru/ ustadz, aspek metode, aspek peserta didik/ santri, aspek materi, dan aspek evaluasi.
Dari pendeskripsian mengenai pelaksaan pendidikan di PP tersebut kemudian bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pendidikan yang berbasis humanisme religius di PP Rifa’iyah Faidhul Qodir kecamatan Wonokerto kabupaten Pekalongan dalam perspektif humanisme religius.Sedangkan kegunaan penelitian ini secara teoritis, dapat memperkaya khazanah pemikiran dalam pendidikan Islam khususnya yang berkaitan dengan pelaksanaan pendidikan dalam perspektif humanisme religius. Untuk kegunaan praktisnya adalah memberi masukan bagi para praktisi dan pengelola pendidikan dalam mendesain metodologi pembelajaran sebagai upaya peningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian field research. Subjek dan sumber data penelitian ini adalah pengasuh, pengurus, guru dan santri pondok pesantren. Penentuan subjek/ informan menggunakan purposive, dengan seleksi komprehensif mengenai nama dan perannya yang ada dalam dokumen pondok. Sedangkan pengumpulan data dengan pengamatan terlibat/ partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis menurut Matthew dan Michael dengan melibatkan tiga komponen analisis yaitu data reduction, data display dan verification.
18SK1821134.00 | SK PAI 18.134 MAU p | (Lantai 3, Literatur Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain