SKRIPSI PAI
Penerapan Pembelajaran Amtsilati Dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Kitab Kuning Pada Peserta Didik Di Madrasah Diniyah ?Hidayatul Mubtadi?in? Kradenan-Pekalongan
Yusniah. 2017. Judul Skripsi Penerapan Pembelajaran Amtsilati Dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Kitab Kuning Pada Peserta Didik di Madrasah Diniyah “Hidayatul Mubtadi’in” Kradenan-Pekalongan. Prodi PAI Jurusan Tarbiyah Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan, Pembimbing: H. Arif Chasanul Muna, Lc.M.A.
Kata Kunci : Pembelajaran Amtsilati dan Kualitas Membaca Kitab Kuning
pembelajaran Amtsilati di Madrasah Diniyah “Hidayatul Mubtadi’in” Kradenan-Pekalongan diharapkan dapat membantu peserta didik pada usia dini dapat membaca kitab kuning dengan baik dan mampu mengi’robkannya. Dalam penelitian ini penulis memilih Madrasah Diniyah “Hidayatul Mubtadi’in” Kradenan-Pekalongan sebagai objek penelitian karena dari hasil observasi didapatkan bahwa diadakannya pembelajaran Amtsilati ini dikarenakan peserta didiknya yang masih belia, sedangkan pelajaran dimadrasah tersebut yaitu pembelajaran kitab kuning, sehingga untuk mempermudah peserta didik dalam membaca kitab kuning dibutuhkan pembelajan yang tepat untuk mempelajari ilmu alat, dan ditemukanlah metode Amtsilati tersebut dan dijadikan pembelajaran pada kelas ula di Madrasah Diniyah “Hidayatul Mubtadi’in” Kradenan-Pekalongan.
Rumusan masalah yang dikaji adalah Bagaimana penerapan pembelajaran Amtsilati di Madrasah Diniyah “Hidayatul Mubtadi’in” Kradenan-Pekalongan? Bagaimana kemampuan membaca kitab kuning pada peserta didik di madrasah diniyah “Hidayatul Mubtadi’in” Kradenan-Pekalongan? dan Metode yang digunakan untuk meningkatkan kualitas membaca kitab kuning di madrasah diniyah “Hidayatul Mubtadi’in” Kradenan-Pekalongan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran Amtsilati di Madrasah Diniyah “Hidayatul Mubtadiin” Kradenan-Pekalongan, untuk mengetahui kemampuan membaca kitab kuning pada peserta didik di Madrasah Diniyah “Hidayatul Mubtadiin” Kradenan-Pekalongan dan untuk mengetahui metode yang digunakan dalam meningkatkan kualitas membaca kitab kuning pada peserta didik di Madrasah Diniyah “Hidayatul Mubtadiin” Kradenan-Pekalongan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dan jenis penelitiannya lapangan (field research). Karena penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research), maka teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk metode analisis data dibagi menjadi 3 tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
18SK1821119.00 | SK PAI 18.119 YUS p | (Lantai 3, Literatur Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain