SKRIPSI PAI
Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Membentuk Perilaku Terpuji Siswa Kelas Viii Putra Di Mts.S Hidayatul Athfal Pekalongan
Rizqy Mazidah Hilmy. 2017. Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Membentuk Perilaku Terpuji Siswa Kelas VIII Putra Di MTs.S Hidayatul Athfal Pekalongan. Jurusan / Program Studi: Tarbiyah / S1 PAI Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing: H. Mutammad, M.Ed. Kata kunci: Perilaku Terpuji.
Perilaku adalah segala aktivitas manusia dalam bentuk perubahan. Tindakan dan kegiatan yang nyata baik disadari maupun tidak disadari yang merupakan hasil belajar. Perilaku secara umum juga disebut akhlak, perangai atau kelakuan. Pentingnya implementasi pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk perilaku terpuji adalah membentuk perilaku terpuji siswa kelas VIII putra di MTs.S Hidayatul Athfal Pekalongan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk perilaku terpuji siswa kelas VIII putra di MTs Hidayatul Athfal Pekalongan, Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk perilaku terpuji siswa kelas VIII putra di MTs Hidayatul Athfal Pekalongan. Kegunaan penelitian secara teoritis adalah diharapkan penelitian skripsi ini berguna untuk menambah wawasan keilmuan bagi pemerhati pendidikan tentang pentingnya pembentukan perilaku terpuji, penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan masukan yang berguna untuk penelitian selanjutnya, guna mengembangkan keilmuan dan memperkaya khasanah kepustakaan sebagai literatur akademik, dapat memberikan pemikiran dalam pengembangan dan peningkatan mutu pendidikan agama Islam. Secara praktis adalah bagi penulis; untuk penulis penelitian ini akan memberikan manfaat sebagai sarana aplikasi keilmuan yang selama ini penulis terima secara teoritis maupun praktis dari institusi tempat penulis belajar, bagi Lembaga Pendidikan; dapat membantu guru dan orang tua anak didik di MTs Hidayatul Athfal Pekalongan dalam mengajarkan bagaimana menguatkan keimanan dan bertingkah laku yang baik sesuai apa yang menjadi norma-norma agama, bagi akademisi dan masyarakat; dapat menjadi tawaran wacana keilmuwan yang memungkinkan untuk selalu dikembangkan, dannyata dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, bagi peserta didik; dapat dijadikan sebagai bahan informasi bagi para siswa untuk lebih meningkatkan keimanan dan berakhlak mulia.
Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, interview dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif.
18SK1821110.00 | SK PAI 18.110 HIL i | (Lantai 3, Literatur Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain