SKRIPSI BPI
Implementasi Bimbingan Kelompok Pada Kegiatan Pramuka dalam Menumbuhkan Potensi Kepemimpinan Peserta Didik di Madrasah Aliyah Dr. Ibnu Masud Wiradesa
Sebagaimana diketahui bahwa kepemimpin atau aktifitas yang ada pada individu itu tidak timbul dengan sendirinya, tetapi sebagai akibat dari adanya stimulus atau pembiasaan yang mengenai individu atau organisme itu sendiri. Pramuka adalah proses pendidikan di luar sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan yang menarik, menyenangkan, teratur, terarah, yang dilakukan di alam terbuka dengan prinsip dasar kepramukaan yang sasaran akhirnya adalah pembentukan perilaku dan budi pekerti luhur. kegiatan pramuka mengunakan metode bimbingan kelompok, yang merupakan salah satu strategi atau metode dalam bimbingan dan konseling yang diberikan guru atau pembimbing kepada peserta didik menggunakan model pembelajaran kelompok yang harus mengoptimalkan dinamika kelompok. karena dalam bimbingan kelompok, bila sudah terwujud dinamika kelompok, maka masing- masing anggota kelompok dapat mengembangkan diri. Arah pengembangan diri tersebut, terutama yaitu dikembangkanya kemampuan- kemampuan sosial dan membentuk potensi kepemimpinan.
Adapun masalah yang diteliti dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana Implementasi Bimbingan Kelompok pada Kegiatan Pramuka di Madrasah Aliyah Dr. Ibnu Mas’ud Wiradesa? 2) Bagaimana Potensi Kepemimpinan Peserta Didik Madrasah Aliyah Dr. Ibnu Mas’ud Wiradesa yang Aktif pada Kegiatan Pramuka? 3) Apa Saja Faktor Penghambat dan Pendukung Bimbingan Kelompok pada Kegiatan Pramuka dalam Menumbuhkan Potensi Kepemimpinan Peserta Didik di Madrasah Aliyah Dr. Ibnu Mas’ud Wiradesa? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi bimbingan kelompok pada kegiatan pramuka di Madrasah Aliyah Dr. Ibnu Mas’ud Wiradesa, mengetahui bagaimana Potensi kepemimpinan peserta didik Madrasah Aliyah Dr. Ibnu Mas’ud Wiradesa yang Aktif pada Kegiatan Pramuka dan mengetahui faktor penghambat dan pendukung bimbingan kelompok pada kegiatan pramuka dalam menumbuhkan Potensi kepemimpinan peserta didik di Madrasah Aliyah Dr. Ibnu Mas’ud Wiradesa.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi. Analisis data menggunakan pendekatan analisis data kualitatif model interaktif.
Berdasarkan hasil penelitian pada kegiatan pramuka di Madrasah Aliyah Dr. Ibnu Mas’ud Wiradesa diperoleh hasil bahwa bimbingan kelompok merupakan salah satu cara dalam pembelajaran di kegiatan pramuka yang dapat membentuk potensi kepemimpinan peserta didik dengan adanya stimulus atau pembiasaan. Adapun tahap- tahap dalam pelaksanaan bimbingan kelompok yaitu 1) persiapan 2) Apel pembuka 3) PBB dan pemeriksaan kelengkapan 4) Pelaksanaan kegiatan, yang meliputi tahap pendahuluan/tahap pengkondisian siswa, kegiatan inti dan tahap akhir, 5) Kegiatan evaluasi, 6) Kegiatan tindak lanjut. Metode yang digunakan , metode latihan pembiasaan, metode pengulangan materi, metode penguatan dan metode permainan dan menyanyi. Potensi kepemimpinan peserta didik Madrasah Aliyah Dr. Ibnu Mas’ud Wiradesa yang aktif di kegiatan pramuka dapat dilihat melalui beberapa aspek, yaitu; takwa terhadap Tuhan yang Maha Esa, Cerdas, ketegasan, integritas dan sosiabilitas. Hal tersebut, sesuai dengan pembinaan akhlak kepemimpinan yang dilakukan oleh pembina pramuka dan guru BK. Faktor pendukung dalam bimbingan kelompok tersebut yaitu: 1) persiapan dari Pembina dan guru BK, 2) Ada kemauan peserta didik untuk hadir dan mengikuti kegiatan pramuka, 3) adanya motivasi dari Kepala sekolah, Pembina pramuka dan guru BK untuk mengamalkan ilmunya, 4) kesediaan peserta didik (klien) untuk mengikuti bimbingan kelompok. Sedangkan faktor penghambat dalam pelaksanaan bimbingan kelompok pada kegiatan pramuka dalam menumbuhkan akhlak kepemimpinan peserta didik Madrasah Aliyah Dr. Ibnu Ma’ud Wiradesa adalah: 1) jarak tempuh dan waktu atau jam pelaksanaan yang kurang tepat, 2) tidak semua peserta didik mengikuti kegiatan pramuka karena banyaknya ekstrakulikuler di sekolahan, 3) faktor usia, adanya rasa iri dan genksi dengan teman yang lain.
18SK1835017.00 | SK BPI 18.017 MIL i | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain