SKRIPSI BPI
Implementasi Konseling Lintas Budaya dalam Mengembangkan Kemampuan Adaptasi Pada Siswa Program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) di SMA 1 Bojong Tahun ajaran 2016/2017
Adaptasi di sekolah perlu dilakukan siswa ketika belajar di sekolah yang baru. Apalagi, berbeda daerah berbeda pula iklim sekolah yang tercipta. Hal ini menimbulkan hambatan-hambatan yang menjadikan siswa sulit beradaptasi. Misalnya seperti hambatan mengenai buday-budaya baru yang belum pernah ditemui oleh siswa yang berasal dari Papua. Oleh karena itu, pada suatu lembaga pendidikan diperlukan batuan dengan tetap memperhatikan muatan-muatan budaya yang dibawa oleh siswa sehingga dalam hal ini guru Bimbingan dan Konseling menyelenggarakan layanan untuk siswa yang berasala dari Papua, yaitu dengan melakukan konseling lintas budaya.
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana adaptasi siswa program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) di SMA 1 Bojong tahun ajaran 2016/2017? 2) Bagaimana impelementasi konseling lintas budaya dalam mengembangkan kemampuan adaptasi pada siswa program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) di SMA 1 Bojong tahun ajaran 2016/2017?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui adaptasi siswa program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) di SMA 1 Bojong tahun ajaran 2016/2017. 2) Mengetahui impelementasi konseling lintas budaya dalam mengembangkan kemampuan adaptasi pada siswa program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) di SMA 1 Bojong tahun ajaran 2016/2017 ditinjau dari konseling Islam.
Jenis penelitian yang digunakan ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian kualitatif. Pedekatan yang digunakan adalah studi kasus, dimana penelitian ini hanya fokus pada satu kasus dan terikat pada satu tempat yakni sekolah. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman (model interaktif) antara lain: Reduksi data, Penyajian data (display data) dan penarikan kesimpulan (conlusion drawing/verification).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Adaptasi pada siswa program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) terdiri dari peyesuaian diri dengan bahasa, dan penyeusaian diri dengan lingkungan sekolah. Implementasi konseling lintasbudaya dalam mengambangkan kemampuan adaptasi pada siswa Program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) hasilnya adalah tidak semua siswa mampu mencapai indikator tersebut sehingga guru BK berupaya untuk mengarahkan siswa ADEM agar mencapai kearah perubahan perilaku yag positif.
18SK1835002.00 | SK BPI 18.002 ANI i | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain