SKRIPSI EKOS
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menggunakan E-Banking di Bank Mandiri Syari'ah Pekalongan tahun 2015
A B S T R A K
Mayanti, Janky Selys. 2017. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menggunakan E-Banking Di Bank Mandiri Syari’ah Pekalongan Tahun 2015. Program Studi/Jurusan: Ekonomi Syariah/S1 Syariah dan Ekonomi Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing Skripsi: M. Nasrullah, M.S.I.
Kata kunci : Minat Nasabah Menggunakan E-Banking
Minat nasabah untuk menggunakan jasa perbankan dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain: fasilitas, promosi dan pelayanan. Tiga hal tersebut penting dalam menunjang aktivitas perbankan syari’ah. Ketiga hal tersebut coba peneliti implementasikan dengan adanya teknologi informasi berupa internet banking yang dimiliki oleh bank syari’ah mandiri. Dalam bank syari’ah terdapat banyak produk-produk yang disediakan untuk nasabah salah satunya adalah produk transaksi non tunai e-banking. Minat nasabah mengalami menggunakan e-banking di Bank Syariah Mandiri Cabang Pekalongan terus mengalami peningkatan
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui fasilitas berpengaruh secara parsial terhadap minat nasabah menggunakan e-banking di Bank Mandiri Syari’ah Pekalongan tahun 2015, untuk mengetahui promosi produk berpengaruh secara parsial terhadap minat nasabah menggunakan e-banking di Bank Mandiri Syari’ah Pekalongan tahun 2015, untuk mengetahui pelayanan berpengaruh secara parsial terhadap minat nasabah menggunakan e-banking di Bank Mandiri Syari’ah Pekalongan tahun 2015, untuk mengetahui fasilitas, promosi dan pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap minat nasabah menggunakan e-banking di Bank Mandiri Syari’ah Pekalongan tahun 2015.
Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini kuesioner, dokumentasi dan wawancara. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan rumus statistik regresi linier berganda.
Hasil penelitian adalah: Pertama, Variabel X1 (fasilitas) tidak berpengaruh secara parsial terhadap variabel Y (minat nasabah menggunakan e-banking di Bank Mandiri Syari’ah Pekalongan) karena nilai thitung < ttabel (0,648 < 1,671). Kedua, Variabel X2 (promosi) tidak berpengaruh secara parsial terhadap variabel Y (minat nasabah menggunakan e-banking di Bank Mandiri Syari’ah Pekalongan) karena thitung < ttabel ( – 0,667 < 1,671). Ketiga, Variabel X3 (pelayanan) berpengaruh secara parsial terhadap variabel Y (minat nasabah menggunakan e-banking di Bank Mandiri Syari’ah Pekalongan) karena thitung > ttabel ( 18,625 > 1,671). Keempat, Secara simultan terdapat pengaruh antara variabel independen yaitu variabel X1 (fasilitas), variabel X2 (promosi), variabel X3 (pelayanan) terhadap variabel dependen yaitu variabel Y (minat nasabah menggunakan e-banking di Bank Mandiri Syari’ah Pekalongan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Fhitung = 123,097 dengan nilai signifikansi 0,000, sedangkan Ftabel sebesar 3,15, maka Fhitung > Ftabel (123,097 > 3,15) dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa didapatkan nilai Adjusted R Square sebesar 0,849 atau 84,9 %, sedangkan sisanya sebesar 15,1 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak masuk dalam variabel regresi pada penelitian ini. Dari hasil perhitungan diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 19,828 + 0,049 – 0,065 + 1,037 + e.
18SK1841033.00 | SK EKOS 18.033 MAY f | My Library (Lantai 3 Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain