SKRIPSI EKOS
Pengaruh Kualitas Pelayanan, dan Nilai Pelanggan terhadap Loyalitas Nasabah pada PD. BPR BKK Kota Pekalongan
ABSTRAK Wildana, Yunus Zaka. IAIN Pekalongan. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Nilai Pelanggan Terhadap Loyalitas Nasabah pada PD. BPR BKK Kota Pekalongan.
Perbedaan persepsi mengenai riba dan bunga bank di masyarakat termasuk dikalangan ulama telah berlangsung cukup lama. Meskipun telah ada fatwa bahwa bunga bank haram, akan tetapi masih banyak juga masyarakat muslim yang masih loyal dengan bank konvensional. Untuk dapat terus bertahan di era persaingan yang sangat ketat di industri keuangan seperti saat ini, perusahaan banyak yang berfokus pada loyalitas pelanggan. Pelanggan yang benar-benar loyal bukan saja sangat potensial menjadi word-of-mouth advertisers, namun juga kemungkinan besar loyal pada portofolio produk dan jasa perusahaan selama bertahun-tahun. Terdapat pengaruh antara nilai, loyalitas, dan profit. Semakin tinggi nilai yang dirasakan maka semakin tinggi pula loyalitas dan profit yang diperoleh pelanggan. Faktor lain yang mempengaruhi loyalitas nasabah diantaranya adalah kualitas pelayanan.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan dan nilai pelanggan terhadap loyalitas nasabah pada PD. BPR BKK Kota Pekalongan baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan dengan sifat penelitian korelasi dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif.. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah PD. BPR BKK Kota Pekalongan yang berjumlah 3080 nasabah. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling dengan jumlah sampel 97 nasabah atau responden. Data penelitian berasal dari kuesioner yang dibuat dengan menggunakan skala likert dan dianalisis dengan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas. Hal ini dibuktikan dengan uji parsial (t) yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar (0,003) < (0,05) dan t hitung sebesar (3,040) > t tabel (1,985). (2) Nilai pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas. Hal ini dibuktikan dengan uji parsial (t) yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar (0,000) < (0,05) dan t hitung sebesar (6,485) > t tabel (1,985). (3) Secara simultan variabel kualitas pelayanan dan nilai pelanggan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas. Hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung lebih besar dari F tabel yaitu sebesar (68,970) > (3,09) dengan nilai signifikansi sebesar (0,000) < (0,05). (5) Koefisien Determinasi (R2) memiliki nilai Adjusted R Square sebesar 0,586 yang berarti sebesar 58,6% loyalitas nasabah PD. BPR BKK Kota Pekalongan dapat dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan dan nilai pelanggan. Sisanya sebesar 41,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Nilai Pelanggan dan Loyalitas.
18SK1841027.00 | SK EKOS 18.027 WIL p | My Library (Lantai 3 Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain