SKRIPSI EKOS
Pengaruh Kepercayaan, Harga, dan Persepsi Risiko terhadap Keputusan Pembelian secara Online di Kalangan Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Pekalongan
ABSTRAK
Nurul Fitriana. 2017. Pengaruh Kepercayaan, Harga dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian secara Online di Kalangan Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Pekalongan. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Pekalongan. Mansur Chadi Mursyid, MM.
E-marketing merupakan bentuk usaha dari perusahaan untuk memasarkan produk atau jasanya serta membangun hubungan dengan pelanggan melalui media internet. Jual beli secara online merupakan transaksi pesanan dalam model bisnis era global yang non-face, dengan hanya melakukan transfer data lewat maya (data intercange) via internet. Jual beli pesanan dalam fiqih islam disebut as-salam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan, harga dan persepsi risiko terhadap keputusan pembelian online di kalangan mahasiswa jurusan ekonomi syariah IAIN Pekalongan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang diambil sebanyak 60 responden. Data penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang diisi oleh mahasiswa jurusan ekonomi syariah IAIN Pekalongan yang pernah berbelanja secara online. Analisis data menggunakan regresi linier berganda.
Berdasarkan uji t, menyatakan bahwa kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian secara online, harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian secara online dan persepsi risiko berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian secara online. Kemudian Uji F menunjukan bahwa secara simultan kepercayaan, harga dan persepsi risiko berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian secara online. Hasil analisis koefisien determinasi diketahui bahwa 59,8% variasi keputusan pembelian secara online dapat dijelaskan oleh label kepercayaan, harga dan persepsi risiko sedangkan sisanya 40,2% dijelaskan oleh variabel independen lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.
Kata kunci : Kepercayaan, Harga, Persepsi Risiko, dan Keputusan Pembelian secara Online
18SK1841026.00 | SK EKOS 18.026 FIT p | My Library (Lantai 3 Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain