SKRIPSI EKOS
Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan terhadap Motivasi Berwirausaha dengan Lingkungan Keluarga sebagai Variabel, Moderating pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pekalongan
ABSTRAK
Irsyad, Mochamad. 2017. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Motivasi Berwirausaha Dengan Lingkungan Keluarga Sebagai Variabel Moderating Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pekalongan. Skripsi Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Mansur Chadi Mursyid , MM.
Motivasi merupakan dorongan yang telah terikat pada suatu tujuan. Motivasi merupakan hubungan sistematik antara suatu respon atau suatu himpunan respon dan keadaan dorongan tertentu. Pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga adalah dua dari sekian banyak faktor yang dapat mempengaruhi motivasi berwirausaha. Dalam penelitian ini menggunakan pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga sebagai variabel independen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhadap motivasi berwirausaha pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pekalongan.
Metode yang digunakan dalam pengumpulan data primer adalah dengan metode Stratified Random Sampling. Penelitian ini menggunakan 90 responden yaitu mahasiswa aktif Fakultas Ekonimi dan Bisnis Islam IAIN Pekalongan. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi dengan MRA (Moderated regression analysis)
Hasil dari penelitian ini menunjukan pendidikan kewirausahaan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap motivasi berwirausaha, ditunjukan dengan Nilai t hitung variabel pendidikan kewirausahaan sebesar 2,058 > t tabel 1,662 dengan nilai signifikan 0,043 < 0,05. Lingkungan keluarga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap motivasi berwirausaha, ditunjukan dengan nilai t hitung pada variabel lingkungan keluarga (X2) sebesar 5,126 dengan ttabel sebesar 1,662 dan nilai signifikansi 0,000, Karena thitung > ttabel dan nilai signifikansi < 0,05. Dari hasil uji F dapat diketahui bahwa variabel independen (pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen (motivasi berwirausaha) dengan nilai F hitung sebesar 19,672. Variabel moderat (pendidikan kewirausahaan*lingkungan keluarga) menunjukan nilai koefisien 0,004 dengan nilai signifikansi 0.032, nilai signifikansi di bawah 0.05 berarti lingkungan keluarga memoderasi pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap motivasi berwirausaha. Hasil olah data yang ditunjukkan persamaan 1 menunjukkan nilai adjust R sebesar 0,296 (29,6%), sedangkan pada persamaan 2 sebesar 0,393 (39,3%), hal ini mengindikasikan keberadaan lingkungan keluarga memperkuat hubungan antara pendidikan kewirausahaan terhadap motivasi berwirausaha mahasiswa FEBI IAIN Pekalongan.
Kata kunci : Pendidikan kewirausahaan, lingkungan keluarga dan motivasi berwirausaha
18SK1841025.00 | SK EKOS 18.025 IRS p | My Library (Lantai 3 Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain