SKRIPSI EKOS
Pengaruh Promosi dan Pelayanan terhadap Keputusan Nasabah dalam Membeli Produk Tabungan Haji (Studi pada KOPENA Pekalongan) Periode 2010-2013
ABSTRAK
Pihak lembaga keuangan melakukan berbagai upaya, antara lain dengan berusaha meningkatkan profesionalisme dalam pengelolaan yang mengarah kepada efisiensi peningkatan promosi dan peningkatan kualitas pelayanan kepada para nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya pengaruh promosi dan pelayanan terhadap keputusan nasabah.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan, dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Kopena Pekalongan dengan mengambil sampel sebesar 94 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan Metode Simple Random Sampling.Responden dalam penelitian ini yaitu Nasabah tabungan Kopena Pekalongan. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis uji kualitas data, uji asumsi klasik, regresi berganda, dan uji signifikansi statistik.
Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah membeli produk tabungan ditunjukkan dengan nilai thitung 3,338 > ttabel 0,67720. (2) pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah membeli produk tabungan ditunjukkan dengan nilai thitung 7,384 > ttabel 0,67720. (3) Berdasarkan hasil uji F diketahui bahwa kedua variabel (promosi dan pelayanan) yang diteliti secara bersamaan (simultan) berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah membeli produk tabungan dengan nilai Adjusted R Square 0,856, hal tersebut menunjukkan bahwa 85,6% variabel keputusan nasabah dijelaskan oleh kedua variabel independen, sedangkan sisanya 14,4% dipengaruhi variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci : Promosi dan pelayanan terhadap keputusan nasabah
18SK1841022.00 | SK EKOS 18.022 SET p | My Library (Lantai 3 Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain