SKRIPSI EKOS
Pengaruh Kualitas Pelayanan Syariah, Kualitas Produk, dan Promosi Terhadap Kepuasan Anggota pada Produk Tabungan Silebriti di KSPPS BTM Kesesi Kab. Pekalongan
ABSTRAK
Cici Sugiarti. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Syariah, Kualitas Produk dan Promosi terhadap Kepuasan Anggota pada Produk Tabungan SILEBRITI di KSPPS BTM Kesesi Kab. Pekalongan Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Pekalongan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Dosen Pembimbing, Gunawan Aji, M.Si.
Tumbuhnya lembaga keuangan yang semakin pesat tentunya menimbulkan persaingan semakin ketat, baik antara BTM dengan BTM, BMT dan Lembaga Keuangan Mikro lainnya, dalam hal ini mengharuskan manajemen melakukan strategi khusus agar dapat bersaing. Terciptanya kepuasan anggota merupakan kunci utama untuk dapat bertahan dan bersaing dengan cara memenuhi kebutuhan dan keinginan anggota dengan memberikan kualitas pelayanan syariah dan kualitas produk yang memuaskan, serta melakukan promosi yang menarik agar anggota puas dan tidak beralih ke lembaga keuangan mikro lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan syariah, kualitas produk dan promosi terhadap kepuasan anggota pada produk tabungan SILEBRITI di BTM Kesesi Kab. Pekalongan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu accidental sampling. Sampel yang diambil sebanyak 87 responden. Data penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang diisi oleh Anggota Tabungan SILEBRITI. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 15 for windows dan Excel 2007.
Berdasarkan uji t, menyatakan bahwa kualitas pelayanan syariah berpengaruh signifikan terhadap kepuasan anggota, kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan anggota, dan promosi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan anggota. Kemudian Uji F menunjukan bahwa secara simultan kualitas pelayanan syariah, kualitas produk dan promosi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan anggota. Hasil analisis koefisien determinasi diketahui bahwa 40,2% variasi kepuasan anggota dapat dijelaskan oleh label kualitas pelayanan syariah, kualitas produk dan promosi, sedangkan sisanya 59,8% dijelaskan oleh variabel independen lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.
Kata kunci : Kualitas Pelayanan Syariah, Kualitas Produk, Promosi dan Kepuasan Anggota.
18SK1841021.00 | SK EKOS 18.021 SUG p | My Library (Lantai 3 Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain