SKRIPSI PAI
Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Melalui Pembinaan Akhlak Santri Di Pondok Pesantren Al Minhaj Wonosegoro Bandar
Mukromin, Muhamad. 2017. Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Melalui Pembinaan Akhlak Santri di Pondok Pesantren Al-Minhaj Wonosegoro Bandar. Skripsi Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Dr. H. Imam Suraji, M.Ag
Kata Kunci : Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural dan Pembinaan Akhlak
Pendidikan multikultural merupakan suatu rangkaian kepercayaan yang mengakui persamaan hak bagi setiap kelompok meliputi agama, budaya, etnis, kepercayaan sosial dan ekonomi, serta adat isti adat. Nilai pendidikan multikultural dalam kehidupannya dapat membentuk sikap atau akhlak yang berbeda-beda, oleh sebab itu kita harus saling menghormati dan hidup bersama agar tidak terjadi perpecahan. Di pondok pesantren Al-Minhaj wonosegoro Bandar telah menerapkan nilai-nilai pendidikan multikultural melalui akhlak santri. Santri dalam kehidupannya mempunyai perbedaan akhlak yang mereka miliki. Dengan adanya nilai-nilai pendidikan multikultural ini diharapkan akhlak santri yang tadinya belum baik akan menjadi baik dan diharapakan santri memberikan kontribusi di masyarakat dengan mengajarkan suri tauladan yang baik.
Hal yang menjadi permasalahan dalam skripsi ini adalah: (1) bagaimana nilai-nilai pendidikan multikultural melalui pembinaan akhlak santri di pondok pesantren Al-minhaj Wonosegoro Bandar? (2) bagaimana faktor pendukung dan penghambat nilai-nilai pendidikan multikultural melalui pembinaan akhlak santri di pondok pesantren Al-Minhaj Wonosegoro Bandar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsiakan nilai-nilai pendidikan multikultural melalui pembinaan akhlak santri di pondok pesantren Al-minhaj Wonosegoro Bandar dan mendreskripsikan faktor pendukung dan penghambat nilai-nilai pendidikan multikultural melalui pembinaan akhlak santri di pondok pesantren Al-Minhaj Wonosegoro Bandar. Adapun kegunaan penelitian ini adalah diharapkan dapat memperoleh informasi dan pengetahuan mengenai masalah-masalah kependidikan. Secara praktis, bagi mahasiswa diharapkan memiliki pemahaman tentang pendidikan agama Islam yang lebih baik lagi.
Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research). Yaitu dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif , teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara dan observasi, sedangkan analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kualitataif.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain