SKRIPSI PAI
Korelasi Kepribadian Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru Di SDN Pesaren 02 Kecamatan Warungasem
WAHYUNINGSIH, RATNA. 2021111212. 2017; Korelasi Kepribadian Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru Di Sekolah Dasar Negeri Pesaren 02 Kecamatan Warungasem. Skripsi Jurusan/Program Studi: Tarbiyah dan Ilmu Keguruan /S1 PAI Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing: Aris Nurkhamidi, M.Ag dan Riskiana, M.Pd.
Kata kunci : Korelasi, Kepribadian Kepala Sekolah, Kinerja Guru
Kepribadian merupakan pengalaman dan hasil belajar, sehingga ketika seseorang mendapat peran sebagai pemimpin maka ia harus mampu bertanggung jawab dan menyesuaikan diri dengan tuntutan perannya. Agar perannya sebagai seorang pemimpin dapat berjalan dengan baik, maka haruslah seorang kepala sekolah memiliki keunikan respon ketika menghadapi suatu masalah yaitu berupa tingkah laku unik yang membedakannya dengan yang lain karena menjalankan perannya sebagai pemimpin dalam sekolahan. Kepribadian kepala sekolah seharusnya dapat diteladani oleh para guru dan karyawan serta murid-murid di sekolah tersebut. Tumbuh dan berkembangnya semangat kerja sama yang harmonis dan perkembangan kinerja guru salah satunya ditentukan oleh kualitas kepala sekolah. SDN Pesaren 02 Kecamatan Warungasem dipimpin oleh kepala sekolah wanita yang menurut pandangan beberapa guru serta orang tua siswa di sekolah tersebut memiliki sikap dan perilaku positif dan berperan aktif dalam kegiatan sekolah baik kegiatan akademik maupun kegiatan non akademik.
Dari latar belakang tersebut, maka rumusan masalahnya yaitu: “Bagaimana kepribadian Kepala SDN 02 Kecamatan Warungasem?, Bagaimana kinerja guru SDN Pesaren 02 Kecamatan Warungasem?, Adakah korelasi antara kepribadian kepala sekolah dengan kinerja guru di SDN Pesaren 02 Kecamatan Warungasem?”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kepribadian kepala Sekolah, untuk mengetahui kinerja guru dan untuk mengetahui korelasi antara kepribadian kepala sekolah dengan kinerja guru di SDN Pesaren 02 Kecamatan Warungasem. Sedangkan kegunaan penelitian ini adalah secara teoretis penelitian diharapkan dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan dan sumbangan berharga di bidang pendidikan, khususnya tentang kepribadian kepala sekolah dan kinerja guru serta sebagai pedoman para pendidik dalam menjalankan tugasnya. Secara praktis penelitian ini sebagai pengalaman dan menambah wawasan ilmu pengetahuan, diharapkan dapat bermanfaat bagi pembaca hasil penelitian ini, serta sebagai motivator dan memperluas khasanah ilmu bagi para pemerhati pendidikan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan mengambil studi di SDN Pesaren 02 Kecamatan Warungasem.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain