TESIS PAI
Metode Pembiasaan Shalat Berjamaah untuk Membentuk Akhlak di MTs Salafiyah Jenggot Pekalongan
Shalat merupakan ibadah yang dapat mencegah perbuatan keji dan mungkar.
Shalat sebaiknya dilakukan secara berjamaah. Karena shalat berjamaah mampu
mengantarkan anak menjadi pribadi lebih baik. Untuk mengantarkan anak menjadi
muslim yang berakhlak mulia tidak datang dengan sendirinya. Namun perlu adanya
pendidikan untuk membentuknya. Dalam pendidikan Islam banyak metode yang
diterapkan dan digunakan untuk pembentukan akhlak. Salah satunya adalah metode
pembiasaan.
Atas dasar permasalahan di atas penulis merumuskan masalah sebagai berikut:
bagaimana perencanaan metode pembiasaan shalat berjamaah untuk membentuk akhlak
di MTs Salafiyah Jengot? Bagaimana Implementasi metode pembiasaan shalat berjamaah
untuk membentuk akhlak di MTs Salafiyah Jengot? Bagaimana cara mengevaluasi
keberhasilan metode pembiasaan shalat berjamaah untuk membentuk akhlak di MTs
Salafiyah Jengot? Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara kritis perencanaan,
implementasi, dan evaluasi metode pembiasaan shalat berjamaah untuk membentuk
akhlak di MTs Salafiyah Jengot. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan
sumbangsih pemikiran yang dapat memperkaya informasi dan mendiskipsikan betapa
besar pengaruh metode pembiasaan shalat berjamaah untuk membentuk akhlak.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Pengumpulan datanya dilakukan
dengan cara mengumpulkan sumber-sumber dari data primer dan skunder dengan
pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan datanya melalui wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Triangulasi dengan sumber dilakukan untuk memeriksa
keabsahan dan kevaliditasan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan metode pembiasaan shalat
berjamaah untuk membentuk akhlak di MTs Salafiyah Jenggot dengan cara menetapkan
tujuan dan target, menentukan metode, membuat aturan tertulis, mengatur jadwal,
menentukan tempat, menunjuk guru pendamping dan mengajarkan mata pelajaran yang
mendukung program pembiasaan shalat berjamaah. Implementasinya dilaksanakan di tiga
tempat, diawali dengan berwudhu, membaca surat Yasin, surat al-Mulk, surat al-Waqiah,
shalat berjamaah, membaca shalawat fatih, membaca shalawat nariyah, membaca wirid,
dan do’a, kemudian diakhiri dengan saling berjabat tangan. Pembiasaan shalat berjamaah
tersebut mampu menumbuhkan sifat disiplin, sabar,meningkatkan spiritualitas,
menjadikan hati tenang,khusyuk, selalu berpikir positif, menumbuhkan budaya antri,
terjalinnya keakraban dan persaudaraan, selalu berbuat baik, mencegah yang mungkar
dan berlatih menjadi pemimpin. Perubahan tersebut mengindikasikan bahwa pembiasaan
shalat berjamaah dapat dijadikan sebagai metode pembentukan akhlak di MTs Salafiyah
Jenggot Pekalongan. Namun terdapat kekurangan dalam implementasinya, hal tersebut
dapat terlihat dari masih adanya siswa yang terlambat dan kurang menghargai waktu.
Sedangkan cara mengevaluasi keberhasilannya dilakukan dengan cara: teknik tes,
wawancara dan observasi secara langsung.
18TS1852044.00 | TS Pps.PAI 18.044 MUR m | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain