TESIS PAI
Konsep Pendidikan Islam Kritis dan Kreatif (Telaah Pemikiran Fazlur Rahman)
Pendidikan saat ini menjadi isu penting di Indonesia. Peran pendidikan sangat mendukung dalam peningkatan kreativitas peserta didik. Peserta didik yang kreatif sangat mendukung dalam peningkatan skill mereka, sehingga peserta didik diharapkan setelah mereka tejun di masyarakat dapat mengembangkan life skillnya yang diperlukan untuk berkompetisi dalam persaingan global. Dari sinilah salah satu faktor yang mendorong Fazlur Rahman dengan semangat yang menggebu-gebu, dia sedikit banyak telah ikut bersumbangsi bagi Islam maupun dunia, baik berupa tenaga, kritikan, karya-karya ilmiah dan sebagainya. Oleh karena itu, untuk mengetahui bagaimana pemecahan problema pendidikan Islam tersebut, maka studi atas pemikiran pendidikan Fazlur Rahman tentang solusi problema pendidikan Islam kontemporer menjadi sangat penting.
Penelitian ini membahas tentang bagaimana konsep pendidikan Islam kritis dan kreatif atas pemikiran Fazlur Rahman serta implementasinya dalam pendidikan secara keseluruhan. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research) yang terdiri dari dua tahap, yaitu pertama, tahap pengumpulan data, dan tahap kedua adalah tahap pengolahan dan analisis data. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif atas Pemikiran Pendidikan Islam Fazlur Rahman.
Hasil penelitian tentang konsep pendidikan Islam kritis dan kreatif atas pemikiran Fazlur Rahman adalah dapat dilakukan dengan menerima pendidikan sekuler modern, kemudian berusaha memasukinya dengan konsep-konsep Islam. Secara detail, menurut Rahman pembaharuan pendidikan Islam dapat dilakukan dengan cara: Membangkitkan ideologi umat Islam tentang pentingnya belajar dan mengembangkan ilmu pengetahuan, mengintegrasikan ilmu (antara ilmu agama dan ilmu umum) kedalam pendidikan tinggi Islam di Indonesia untuk kemaslahatan umat manusia, menyadari betapa pentingnya bahasa, kemudian mengembangkannya sebagai alat komunikasi, baik secara lisan maupun tulis serta pembaharuan dibidang metode pendidikan Islam, yaitu beralih dari metode mengulang-ulang dan menghafal ke metode memahami dan menganalisis. Sedangkan implementasi Konsep Pendidikan Islam Kritis dan Kreatif atas pemikiran Fazlur Rahman dalam pendidikan secara keseluruhan disistematisasikan kedalam kurikulum yang unsur-unsurnya meliputi empat hal, yaitu tujuan, materi, metode, dan evaluasi. Implementasi tersebut dapat diperjelas bahwa untuk membangkitkan kembali intelektualisme umat Islam melalui pendidikan dengan cara memasukkan kembali ilmu-ilmu rasional kedalam kurikulum pendidikan Islam. kemudian di implementasikan kedalam proses pembelajaran. Dengan demikian, diharapkan peserta didik lebih kritis dan kretif. Sehingga diharapkan dapat memberi alternatif solusi atas problem-problem umat, bahkan dapat menghasilkan temuan-temua baru yang bermanfaat bagi umat manusia
18TS1852043.00 | TS Pps.PAI 18.043 MUJ k | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain