TESIS PAI
Implementasi Edutainment dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Muslimat NU Gembong Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan
Anak usia dini merupakan usia yang sangat kritis dimana sedang menjalani
suatu proses pertumbuhan dan perkembangan bagi kehidupan selanjutnya. Masa
ini disebut masa prasekolah. Mereka mulai belajar memisahkan diri dari keluarga
dan orangtuanya untuk memasuki suatu lingkungan yang lebih luas yaitu
lingkungan taman kanak-kanak. Namun seringkali terlihat dijumpai anak-anak
yang rewel karena harus berpisah sementara waktu dengan orang tuanya. Dalam
rangka mengembangkan kemandirian ini, pihak sekolah berusaha untuk
menyajikan kegiatan pembelajaran dengan metode edutainment yakni
memadukan antara muatan pendidikan dan hiburan secara harmonis sehingga
aktivitas pembelajaran berlangsung menyenangkan.Rumusan masalah dalam
penelitian ini adalahBagaimanakah kemandirian anak usia dini di TK Muslimat
NU Gembong Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan? Bagaimanakah
implementasi edutainment Pendidikan Anak UsiaDini dalam mengembangkan
kemandirian di TK Muslimat NU Gembong Kecamatan Kedungwuni Kabupaten
Pekalongan? Bagaimanakah peluang dan tantangan dalam mengimplementasikan
edutainment yang berorientasi pada mengembangkan kemandirian anak-anak TK
Muslimat NU Gembong Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan?.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan field
research (penelitian lapangan). Metode pengumpulan data melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis data penelitian ini menggunakan
model Miles dan Hubberman. Tehnik analisis data ini menggunakan trianggulasi
data, untuk mengarahkan peneliti agar di dalam mengumpulkan data
menggunakan berbagai sumber data yang tersedia.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan edutainment untuk
mengembangkan kemandirian anak usia dini sudah sesuai dengan misi dan tujuan
pendidikan Taman Kanak-kanak Muslimat NU Gembong yaitu membantu anak
didik mengembangkan berbagai potensi baik fisik dan psikis yang meliputi moral
dan nilai–nilai agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik,
kemandirian dan seni untuk siap memasuki pendidikan dasar. Implementasi
edutainment dalam mengembangkan kemandirian anak usia dini: memiliki
kepercayaan pada diri sendiri, memiliki motivasi instrinsik yang tinggi, mampu
dan berani menetukan pilihan sendiri, kreatif dan inovatif, bertanggung jawab
menerima konsekuensi yang menjadi pilihannya, mampu menyesuaikan diri
dengan lingkungannya serta tidak tergantung pada orang lain.
18TS1852038.00 | TS Pps.PAI 18.038 SOI i | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain