TESIS PAI
Pembentukan Akhlakul Karimah Siswa Melalui Manajemen Pembelajaran Aqidah Akhlak di MAN 1 Pekalongan Kabupaten Pekalongan
Pembelajaran Aqidah Akhlak dalam kehidupan manusia sangat
diperlukan karena akhlak akan membawa pada kepribadian seseorang, baik
sebagai individu, masyarakat, dan bangsa. Mata pelajaran Aqidah Akhlak tidak
hanya mengantarkan siswa untuk menguasai pengetahuan aqidah dan akhlak
tapi yang terpenting adalah yang menekankan keutuhan dan keterpaduan antara
pengetahuan, sikap, dan perilaku sehingga siswa dapat mengamalkan aqidah dan
akhlak dalam kehidupan sehari-hari untuk meningkatkan keimanan dan
ketakwaan siswa serta pencegahan dari akhlak tercela.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu, pertama, Bagaimana
manajemen pembelajaran aqidah akhlak di MAN 1 Pekalongan ? kedua,
Bagaimana pembentukan akhlakulkarimah siswa di MAN 1 Pekalongan?
Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dan
menganalisis kritis manajemen pembelajaran aqidah akhlak dan pembentukan
akhlakulkarimah siswa di MAN 1 Pekalongan. Sedangkan kegunaan penelitian ini
secara teoritis yaitu memberikan informasi secara ilmiah tentang pembentukan
akhlakulkarimah melalui manajeman pembelajaran Aqidah Akhlak dalam proses
pendidikan di MAN 1 Pekalongan. Secara praktis yaitu siswa mampu
mempraktikkan dalam kegiatan sehari-hari baik di rumah maupun di sekolah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
lapangan (field research). Sedangkan teknik pengumpulan data dengan
dokumentasi, observasi dan wawancara. Teknik analisis datanya dengan teknik
deskriptif analisis kritis. Dari penelitian ini akan diperoleh suatu data deskriptif
yang menggambarkan suatu karakteristik mengenai bidang tertentu.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tujuan pembelajarannya
membentuk peserta didik yang beriman, bertaqwa dan berakhlakul karimah
dengan metode klasikal, diskusi, tanya jawab, pembiasaan dan latihan soal-soal,
melalui mata pelajaran aqidah akhlak dan PKn. Adapun proses pembelajarannya
guru membimbing, mengarahkan dan memberikan teladan serta memberikan rasa
kenyamanan dan menyenangkan terhadap para peserta didik. Adapun penggunaan
medianya yaitu LCD dan proyektor, gambar, power point dan film pendek.
Sedangkan evaluasinya yaitu dengan teknik menggunakan tes, seperti tes tulis, tes
lisan, tes sikap dan non tes, seperti observasi kepada peserta didik, wawancara
kepada teman sejawat dan para guru. Adapun peran guru membentuk
akhlakulkarimah yaitu bersikap positif, membimbing, mengarahkan, memotivasi,
berkomunikasi secara interaktif dan memberikan keteladanan dalam beribadah.
Teknik dalam pembentukan akhlakulkarimah yaitu melalui kegiatan belajar
mengajar (KBM) dan pendekatan emosional peserta didik.
18TS1852036.00 | TS Pps.PAI 18.036 ZUH p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain