TESIS PAI
Internalisasi Nilai-nilai Karakter Melalui Pendidikan Islam Integratif di SDIT Gondang Kecamatan Wonopringgo Pekalongan
Tujuan pendidikan pada hakikatnya adalah untuk menumbuhkembangkan semua potensi bawaan manusia. Dalam UU NO. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional disebutkan bahwa tujuan pendidikan nasional adalah untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulai berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Tujuan pendidikan di atas sejalan dengan pendidikan karakter. Pendidikan karakter merupakan upaya untuk menginternalisasikan nilai-nilai karakter siswa supaya siswa mempunyai nilai-nilai karakter sehingga siswa mempunyai karakter yang baik (berperilaku baik).Untuk menanamkan nilai-nilai karakter pada siswa dibutuhkan pendekatan yang dapat menginternalisasikan nilai-nilai karakter. Salah satu pendekatan yang dapat menanamkan nilai-nilai karakter adalah melalui pendidikan Islam integratif. Pendidikan Islam integratif berusaha memadukan ilmu pengetahuan dan agama yang realisasinya dapat memberikan nilai agama Islam yang utuh. SDIT Gondang menerapkan pendidikan Islam integratif dalam menginternalisasikan nilai-nilai karakter siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apa saja nilai-nilai karakater siswa, bagaimana internalisasi nilai-nilai karakter siswa melalui pendidikan Islam integratif dan faktor-faktor apa saja yang mengakibatkan internalisasi nilai-nilai karakter siswa melalui pendidikan Islam integratif belum sepenuhnya terinternalisasi di SDIT Gondang Kecamatan Wonopringgo Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai karakater siswa, untuk mengekplorasi internalisasi nilai-nilai karakter siswa melalui pendidikan Islam integratif dan menganalisis faktor-faktor yang mengakibatkan internalisasi nilai-nilai karakter siswa melalui pendidikan Islam integratif yang belum sepenuhnya terinternalisasi di SDIT Gondang Kecamatan Wonopringgo Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif naturalistik dan filosofis. Penelitian ini dilakukan di SDIT Gondang Kecamatan Wonopringgo Pekalongan. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru PAI, guru kelas, guru pendamping, siswa dan wali siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data, teori, dan metode. Teknik analisa data menggunakan model Miles dan Hubberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan nilai-nilai karakter yang sudah nampak pada siswa meliputi: nilai religius, kejujuran, kedisiplinan, peduli lingkungan, peduli sosial, cinta tanah air dan nilai tanggung jawab. Internalisasi nilai-nilai karakter
xii
siswa melalui pendidikan Islam integratif dilaksanakan melalui: pertama, kegiatan belajar mengajar yakni melaui mata pelajaran tersendiri, seperti Pendidikan Agama dan Pendidikan Kwarganegaraan (PKn). Sementara itu, terintregasi ke dalam semua mata pelajaran artinya melalui semua mata pelajaran yang ada. Nilai-nilai karakter dapat diintegrasikan dalam materi ajar atau melalui proses pembelajaran yang berlaku. Metode yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai karakter siswa meliputi: metode keteladanan, nasihat, kisah, reward (hadiah) dan punishment (hukuman), dan komunikasi. Kedua pembiasaan amaliyah syariyah seperti: pembiasaan kedisiplinan, berjabat tangan kepada guru, BDS (Baris, Doa, dan Sapa Pagi), tadarus juz amma, membaca asmaul husna, menyanyikan lagu wajib nasional, shalat dhuha, shalat dhuhur dan ashar berjamaah, membaca shalawat nabi. Ketiga, melalui program unggulan sekolah sepeti: program TPQ, hafalan juz amma, bimbingan belajar dan field trip/out bond. Keempat, Penanaman nilai-nilai karakter melalui program-program regular sekolah yang, seperti: senin beramal, kebersihan, senam pagi, Perayaan Hari Besar Islam (PHBI) dan darul ahsan. Adapun faktor-faktor yang mengakibatkan internalisasi nilai-nilai karakter siswa melalui pendidikan Islam integratif yang belum sepenuhnya terinternalisasi di SDIT Gondang Kecamatan Wonopringgo Pekalongan adalah musholla kurang luas, kesadaran orang tua dan bermain smartphone atau gadget ketika di rumah
18TS1852031.00 | TS Pps.PAI 18.031 MAJ i | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain