TESIS PAI
Pengaruh Strata Sosial dan Sikap Keberagamaan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar PAI Siswa SMP N 1 Karangdadap Kabupaten Pekalongan
Motivasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor dari dalam diri seseorang dan faktor dari luar. Faktor dari dalam diri seseorang dapat disebabkan karena mempunyai cita-cita. Sedangkan faktor dari luar dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya adalah keluarga. Sebagaimana di SMP N 1 Karangdadap Kabupaten Pekalongan bahwa 58 % orang tua siswa bekerja sebagai buruh dan pendidikan orang tua mayoritas hanya lulusan SD bahkan ada juga yang tidak tamat SD. Selian itu dalam hal keberagamaan, orang tua siswa menunjukkan sikap yang berbeda-beda dalam kehidupan seharinya. Rendahnya strata sosial dan sikap keberagamaan orang tua kemungkinan akan berpengrauh terhadap motivasi belajar pada anak khususnya pada mata pelajaran PAI. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah terdapat pengaruh strata sosial orang tua terhadap motivasi belajar PAI siswa SMP N 1 Karangdadap Kabupaten Pekalongan?.2) Apakah terdapat pengaruh sikap keberagamaan orang tua terhadap motivasi belajar PAI siswa SMP N 1 Karangdadap Kabupaten Pekalongan?.3) Apakah terdapat pengaruh strata sosial dan sikap keberagamaan orang tua terhadap motivasi belajar PAI siswa SMP N 1 Karangdadap Kabupaten Pekalongan?.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII, VIII dan IX sebanyak 493 siswa dengan sampel sejumlah 220 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumenter. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana dan ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, strata sosial orang tua secara parsial berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar PAI siswa SMP N 1 Karangdadap Kabupaten Pekalongan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi t sebesar 0,000 ≤ 0,025. 11,4 % variabel strata sosial orang tua mempengaruhi motivasi belajar PAI siswa. Kedua, sikap keberagamaan orang tua secara parsial berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar PAI siswa SMP N 1 Karangdadap Kabupaten Pekalongan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai nilai signifikansi t sebesar 0,000 ≤ 0,025. 23,9 % variabel sikap keberagamaan orang tua mempengaruhi motivasi belajar PAI siswa. Ketiga, strata sosial dan sikap keberagamaan orang tua secara simultan berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar PAI siswa SMP N 1 Karangdadap Kabupaten Pekalongan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi F sebesar 0,000 ≤ 0,05. 31,3 % variabel strata sosial dan sikap keberagamaan orang tua mempengaruhi motivasi belajar PAI siswa.
18TS1852030.00 | TS Pps.PAI 18.030 KHO p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain