TESIS PAI
Implementasi Penilaian Otentik Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK n 1 Batang
Latar belakang penulisan Tesis ini bahwa penilaia otentik merupakan penilaian yang dilakukan guru mulai dari input, proses serta output yang dilakukan secara komprehensif. Sedangkan inti dilakukan penilaian otentik kurikulum 2013 pendidikan agama Islam adalah membentuk siswa-siswi yang memiliki keunggulan dalam aspek akhlak, pengetahuan yang kritis, kreatif dan mempunyai ketrampilan maupun seni.
Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimanakah implementasi penilaian otentik aspek sikap spiritual mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMK N 1 Batang ? Bagaimanakah implementasi penilaian otentik aspek sosial mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMK N 1 Batang ? Bagaimanakah implementasi penilaian otentik aspek pengetahuan mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMK N 1 Batang ? Bagaimanakah implementasi penilaian otentik aspek ketrampilan mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMK N 1 Batang ? Tujuan penilaian ini pada adalah untuk Mengeksplorasi implementasi penilaian otentik aspek sikap spiritual mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMK N 1 Batang. Menganalisis implementasi penilaian otentik aspek sikap sosial mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMK N 1 Batang. Mengambarkan implementasi penilaian otentik aspek pengetahuan mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMK N 1 Batang.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu pendekatan yang menekankan analisisnya pada proses penyimpulan deduktif dan induktif serta pada analisis terhadap dinamika hubungan antara fenomena yang di amati. adapun data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi kemudian diolah menjadi sebuah informasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implikasi penilaian otentik kurikulum 2013 pada materi pendidikan agama Islam: a) teknik penilaian sikap spiritual, perlunya pengoptimalan pada teknik penilaian observasi, b) teknik penilaian sikap sosial, teknik penilaian jurnal ini sudah optimal didalam menilai sikap sosial siswa , c) teknik penilaian pengetahuan yang digunakan berupa tes tertulis dan observasi sudah optimal di terapkan didalam penilaian pengetahuan siswa d) teknik penilaian ketrampilan yang digunakan berupa teknik penilaian portofolio, sudah optimal digunakan untuk mengukur ketrampilan siswa
18TS1852027.00 | TS Pps.PAI 18.027 PER i | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain