TESIS PAI
Implementasi Pendidikan Karakter Dengan Metode Pembiasaan Dua Program 5S di SMK PGRI 1 Taman Pemalang
Latar belakang penulisan Tesis ini adalah Pendidikan karakter ditempatkan sebagai landasan untuk mewujudkan visi pembangunan nasional yaitu mewujudkan masyarakat berakhlaq mulia, bermoral beretika berbudaya, dan beradab berdasarkan falsafah Pancasila. Di samping itu, berbagai persoalan yang dihadapi oleh bangsa kita, dewasa ini makin mendorong semangat dan upaya pemerintah untuk memprioritaskan pendidikan karakter sebagai dasar pembangunan pendidikan. Upaya pembentukan karakter sesuai dengan budaya bangsa ini tentu tidak semata-mata hanya dilakukan di sekolah melalui serangkain kegiatan belajar mengajar dari luar sekolah, akan tetapi juga melalui pembiasaan (habituasi) dalam kehidupan, seperti: religius, jujur, disiplin, toleran, kerja keras, cinta damai, tanggung-jawab, dan sebagainnya. Pembiasan itu bukan hanya mengajarkan (aspek kognitif) mana yang benar dan salah, akan tetapi juga merasakan (aspek kognitif) nilai yang baik dan tidak baik serta bersedia melakukannya (aspek psikomotorik) dari lingkup terkecil seperti keluarga sampai dengan cakupan yang lebih luas di masyarakat. Nilai-nilai tersebut perlu ditumbuhkembangkan peserta didik yang pada akhirnya akan menjadi pencerminan hidup bangsa Indonesia. Oleh karena itu, untuk menumbuhkan nilai-nilai karakter pada peserta didik, SMK PGRI 1 Taman Pemalang berupaya membuat progam pembiaasaan melalui dua progam 5S (Seiri (Susun), Seiton (Rapih), Seiso (Bersih), Seiketsu (Memelihara Kebersihan), Shitsuke (Disiplin)) dan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan santun, Shalat Dhuhur berjama’ah)
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi pendidikan karakter dengan metode pembiasaan dua progam 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke) di SMK PGRI 1 Taman Pemalang? bagaimana implementasi pendidikan karakter dengan metode pembiasaan dua progam 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan santun, Shalat Dhuhur berjama’ah) di SMK PGRI 1 Taman Pemalang? Apa faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan karakter dengan metode pembiasaan dua progam 5S di SMK PGRI 1 Taman Pemalang?. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter dengan metode pembiasaan dua progam 5S di SMK PGRI 1 Taman Pemalang serta dapat mengungkap aspek-aspek yang menjadi pendukung dan penghambat dalam metode pembiasaan dua progam 5S tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach) dengan pendekatan penelitian kualitatif, analisis menggunakan teknik induktif. dengan sumber data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi dan untuk mengetahui keabsahaan data menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian ini adalah implementasi pendidikan karakter dengan metode pembiasaan dua progam 5S di SMK PGRI 1 Taman Pemalang sebagai progam pengembangan pendidikan karakter dilakukan dengan empat tahap. Pertama, tahap pembiasaan sebagai awal perkembangan karakter peserta didik. Kedua, tahap pemahaman dan penalaran peserta didik terhadap nilai, sikap, perilaku, dan karakter peserta didik. Ketiga, tahap penerapan berbagai perilaku dan tindakan peserta didik dalam kenyataan sehari-hari. Keempat, tahap pemaknaan, yaitu suatu tahap refleksi dari para anak didik melalui penilaian terhadap seluruh sikap dan perilaku yang telah mereka pahami dan lakukan bagaimana dampak dan manfaatnya, keempat tahap ini dilaksanakan dengan kegiatan rutin siswa, kegiatan spontan, keteladanan dan pengodisian.
18TS1852023.00 | TS Pps.PAI 18.023 MAS i | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain