SKRIPSI PAI
Korelasi Antara Kecerdasan Emosional Dengan Tingkat Kepercayaan diri Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMP Plus Salafiyah Pemalang
Purwanti, Ikhsaniyah Ika. 2017. Korelasi Antara Kecerdasan Emosional Dengan Tingkat Kepercayaan Diri Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMP Plus Salafiyah Pemalang. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Mutho’in, M. Ag.
Kata Kunci : Kecerdasan emosional, kepercayaan diri.
Kecerdasan emosional merupakan kemampuan individu dalam mengendalikan diri untuk memantau pikiran dan tindakannya. Namun pada realitanya tidak semua individu mampu mengutarakan pikiran dan tindakanya dengan berani dan percaya diri. Fakta adanya perbedaan rasa kepercayaan diri individu menunjukkan bahwa adanya pergolakan emosi dalam diri individu dalam mengambil keputusan dalam hidupnya. Dan peran emosi tersebut memiliki kaitan erat dengan kecerdasan emosional. Sehingga dapat dikatakan jika kecerdasan emosional memiliki keterkaitan dengan tingkat kepercayaan diri.
Dalam penelitian ini, peneliti mengajukan permasalahan tentang korelasi antara kecerdasan emosional dengan tingkat kepercayaan diri siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Plus Salafiyah Pemalang. Dan tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kecerdasan emosional siswa di SMP Plus Salafiyah Pemalang, untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di SMP Plus Salafiyah Pemalang, dan untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara kecerdasan emosional dengan tingkat kepercayaan diri siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Plus Salafiyah Pemalang. Kemudian kegunaan secara teoritis dan praktis dalam penelitian ini adalah dapat menambah wawasan keilmuan berkenaan dengan pentingnya kecerdasan emosional bagi peserta didik agar dapat menerima, mengukur dan mengatur emosi dirinya sendiri serta memahami orang lain sehingga memudahkannya berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai sarana menambah pengetahuan dan wawasan bagi pendidik dan peneliti pada khususnya, mengenai korelasi antara kecerdasan emosional siswa dengan tingkat kepercayaan diri siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Plus Salafiyah Pemalang. Sebagai bahan referensi peneliti selanjutnya dalam menganalisis data dan mengumpulkan data dalam penelitiannya. Sebagai masukan bagi sekolah tentang pentingnya mengelola kecerdasan emosional siswa dalam kaitanya dengan tingkat kepercayaan diri siswa, sehingga pembelajaran dapat tercapai dengan optimal. Serta penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi bagi pendidik dan orang tua dalam mendidik anak-anak agar memiliki kecerdasan emosional yang baik sehingga anak-anak mampu tumbuh dengan pribadi yang percaya diri.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian berupa penelitian lapangan atau field research. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode angket, dokumentasi dan observasi. Dan untuk menganalisis hasil penelitiannya, peneliti menggunakan teknik analisis korelasi product moment.
18SK1821084.00 | SK PAI 18.084 PUR k | My Library (Lantai 3, Literatur Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain