SKRIPSI PAI
Pengaruh Keteladanan Guru Terhadap Perilaku Siswa Di Sekolah SMP N 3 Pekalongan
Intan, Agyana Nadian Nur. 2017. Pengaruh Keteladanan Guru PAI Terhadap Perilaku Siswa Di Sekolah SMP N 3 Pekalongan. Skripsi. Fakultas tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan S1 Pendidikan Agama Islam (PAI). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Dr. H. Salafudin
Kata Kunci: Keteladanan Guru, Perilaku Siswa
Perilaku adalah semua tindakan atau aktifitas manusia yang mempunyai bentangan yang sangat luas, baik yang dapat diamati langsung maupun yang tidak dapat diamati. Perilaku manusia ditentukan oleh gaya hidup orang-orang di sekelilingnya, bukan oleh dirinnya sendiri. Kepribadiannya hilang, individualitas lenyap. Sesuai dengan perspektif ini, struktur sosial pola interaksi yang sedang terjadi dalam masyarakat dapat menjadi pembentuk sekaligus penghambat perilaku individual. SMP N 3 Pekalongan melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) menanamkan keteladanan kepada siswa nya, seperti berdisiplin, tanggung jawab, tolong menolong, sopan santun, dan dalam hal religius. Namun perilaku yang ditunjukkan siswa di dalam sekolah masih ada yang kurang baik seperti meninggalkan sholat secara sengaja, kurang sopan terhadap guru, berbicara dengan menggunakan bahasa yang kurang sopan.
Dalam penelitian ini, peneliti mengajukan tiga permasalahan antara lain, bagaimana keteladanan guru PAI SMP N 3 Pekalongan? bagaimana perilaku siswa SMP N 3 Pekalongan? bagaimana pengaruh keteladanan guru PAI terhadap perilaku siswa di SMP N 3 Pekalongan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keteladanan guru PAI di SMP N 3 Pekalongan, untuk mengetahui bagaimana perilaku siswa di SMP N 3 Pekalongan, dan untuk mengetahui pengaruh keteladanan guru PAI terhadap perilaku siswa di SMP N 3 Pekalongan. Kegunaan penelitian ini diharapkan mampu menambahkan khazanah keilmuan dan wawasan bagi peneliti dan pembaca pada umumnya, dan sebagai bahan perbandingan bagi mahasiswa dalam meneliti masalah yang sama namun pada lokasi yang berbeda.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Adapun variabel dalam dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu keteladanan guru dan variabel terikat yaitu perilaku siswa. Sampel yang diambil 34 siswa kelas VII SMP N 3 Pekalongan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana.
18SK1821081.00 | SK PAI 18.081 INT p | My Library (Lantai 3, Literatur Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain