SKRIPSI PAI
Peran Guru Dalam Mengembangkan Kepedulian Sosial Siswa MA Subhanah Subah Kabupaten Batang
KHUMAIROH. 2017. PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEPEDULIAN SOSIAL SISWA MA SUBHANAH SUBAH KABUPATEN BATANG. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing, Umum Budi Karyanto, M.Hum.
Kata kunci : Peran Guru dan Kepedulian Sosial.
Pendidikan di dunia Islam mengalami krisis yang menyebabkan kemundurun yang diantaranya disebabkan oleh ketidaklengkapan aspek materi, terjadinya krisis sosial masyarakat dan krisis budaya, serta hilangnya qudwah hasana(teladan yang baik) akidah shahihah, dan nilai-nilai Islami. Hal itu pula yang terjadi di Indonesia, prestasi intelektual anak meningkat namun justru kemunduran terjadi pada aspek lain yang sangat penting yaitu moralitas. Bagi anak yang belum sekolah, keluarga menjadi lingkungan pendidikan yang pertama dan utama bagi anak, sedangkan bagi remaja yang duduk di bangku SMP atau SMA yang hampir sepertiga dari waktunya setiap hari dilewatkan di sekolah, maka tidak heran jika pengaruh sekolah terhadap kepedulian sosial siswa cukup besar. Oleh karenanya dibutuhkan sosok figur guru, khususnya guru yang dapat membina dan menjadi tauladan bagi siswa.
Berdasarkan fenomena di atas, maka tujuan penelitian yang dibahas dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan kepedulian sosial siswa MA Subhanah Subah kabupaten Batang dan menganalisis peran guru dalam mengembangkan kepedulian sosial siswa MA Subhanah Subah kabupaten Batang.
Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan teknik analisis data ini menggunakan teknik analisis deskriptif dengan langkah-langkahnya yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
18SK1821076.00 | SK PAI 18.076 KHU p | My Library (Lantai 3, Literatur Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain