TESIS PAI
Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Madrasah Aliyah Negeri Pemalang
Latar belakang masalah penulisan tesis ini adalah kompetensi profesional guru, dimana guru sebagai tenaga kependidikan yang mempunyai peran sebagai faktor penentu tujuan pendidikan. Sementara kompetensi profesional guru akan tercapai jika guru mempunyai komitmen yang tinggi pada tugas mengajar, menguasai, merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran, kedisiplinan dalam mengajar, tanggungjawab terhadap tugasnya, jujur, dan objektif dalam membimbing siswa. Dimana kepala madrasah sebagai pemimpin, mempunyai kaitan erat dengan kompetensi profesional guru dalam menentukan tujuan pendidikan yang menjadi target utama keberhasilan proses pendidikan. Dalam hal ini Kepala Madrasah Aliyah Negeri Pemalang selain meningkatkan kompetensi profesional guru dalam mengajar juga menekankan pada kepribadian, ahklak mulia, kejujuran, dan ketaqwaan guru kepada Allah SWT. Dan hubungan antara kepala madrasah dan guru terjalin dalam konteks kerja sama, serta dalam memberikan kebijakan yang terkait dengan program kerja dan kompetensi profesional guru dilakukan dengan kepemimpinan demokratis dan situsional.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kepemimpinan kepala Madrasah Aliyah Negeri Pemalang dalam meningkatkan kompetensi profesional guru dalam menguasai landasan pendidikan, menguasai bahan pengajaran, menyusun program pengajaran, serta dalam menilai hasil dan proses pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu mencoba mendeskripsikan tentang kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru Madrasah Aliyah Negeri Pemalang. Dengan sumber data primer yang diperoleh langsung dari wawancara (interview) dengan kepala madrasah dan guru, serta data sekunder yang diperoleh dari arsip-arsip, buku-buku, karya ilmiah, dan Tata Usaha (TU) Madrasah Aliyah Negeri Pemalang. Metode pengumpulan data yaitu dengan wawancara (Interview), observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kepemimpinan kepala Madrasah Aliyah Negeri Pemalang dalam meningkatkan kompetensi profesional guru dalam menguasai landasan pendidikan, menguasai bahan pengajaran, menyusun program pengajaran, serta dalam menilai hasil dan proses pembelajaran yang telah dilaksanakan. Dengan strategi melalui pembinaan, motivasi, dan supervisi pada guru untuk dapat pengaplikasian Prota, Promes, Silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dalam mengajar, mengikut sertakan guru-guru pada Kelompok Kerja Guru (KKG), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), mengikut sertakan diklat Guru Mata Pelajaran baik pada tingkat Kabupaten maupun tingkat Provinsi, dan dengan strategi melalui pembinaan ahklak kepada guru secara pribadi dan melalui tausiah pengajian di Masjid Madrasah setiap satu minggu sekali.
18TS1852005.00 | TS Pps.PAI 18.005 MAJ k | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain