TESIS PAI
Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Negeri di Gugus Pati Unus Dabin V Kecamatan Pemalang
Pembahasan tesis ini difokuskan pada beberapa sub masalah yakni: 1) Bagaimana kompetensi pedagogik guru bidang studi agama Islam di Gugus Pati Unus Dabin V Kecamatan Pemalang? 2) Bagaimana upaya dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam di Gugus Pati Unus Dabin V Kecamatan Pemalang?. Peneliti mencari data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan intrumen pedoman wawancara. Adapun analisis data meliputi; reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan.
Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran peserta didik dan pengelolaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis. Setting pembelajaran dalam kelas harus direncanakan oleh guru sebelum menyampaikan materi di kelas sehingga dapat dipahami dengan mudah oleh peserta didik serta target yang ingin dicapai dapat terpenuhi. Upaya peningkatan kompetensi pedagogik guru bidang studi agama Islam di Gugus Pati Unus Dabin V Kecamatan Pemalang dilakukan dengan supervisi kelas yang dilakukan oleh kepala sekolah dan pengawasan, rapat-rapat pembinaan di sekolah, validasi bahan pengajaran, memotivasi agar guru melanjutkan pendidikan dan ikut pelatihan, workshop, penataran, menambah keilmuan guru PAI sendiri melalui media elektronik. Juga aktivitas KKG secara terorganisir menurut rumpun mata pelajaran, mengikutsertakan guru dalam berbagai pelatihan guru bidang studi Islam.
Hasil penelitian: kompetensi pedagogik guru PAI di Gugus Pati Unus merupakan kemampuan melaksanakan program pembelajaran yang menjadi kriteria keberhasilan pendidikan, adapun program pembelajaran dijabarkan melalui kegiatan kompetensi pedagogik yakni; (a) pemahaman wawasan atau landasan kependidikan, (b) pemahaman terhadap peserta didik, (c) pengembangan kurikulum atau silabus, (d) perancangan pembelajaran, (e) pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, (f) pemanfaatan teknologi pembelajaran, (g) evaluasi hasil belajar, (h) pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya..
Tesis ini bermanfaat bagi penulis, Gugus Pati Unus dan bagi para pembaca sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti. Implikasi hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan bagi peneliti berikutnya.
18TS1852004.00 | TS Pps.PAI 18.004 HAK k | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain